Bukan Elon Musk, Pria China Inilah yang Jadi Sejarah Mobil Listrik

Jika selama ini mobil listrik dan Elon Musk seperti satu kesatuan, sepertinya tak lagi saat kisah mantan Menteri Sains dan Teknologi China tahun 2007, Wan Gang, terungkap.

Sabtu, 29 September 2018 13:45
Bukan Elon Musk, Pria China Inilah yang Jadi Sejarah Mobil Listrik Foto by Bloomberg

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Jika selama ini mobil listrik dan Elon Musk seperti satu kesatuan, sepertinya tak lagi saat kisah mantan Menteri Sains dan Teknologi China tahun 2007, Wan Gang, terungkap.

Wan, disebut-sebut menjadi karakter utama dalam perkembangan mobil listrik, menurut Bloomberg. "Dia adalah ayah dari industri mobil listrik China. Tak ada Wan Gang, China tak punya peluang untuk menyeberangi barat. Itu ide besarnya," ujar mantan penasehat energi untuk Amerika Serikat, Levis Tillemann.

Di China, perkembangan kendaraan listrik memang sangat positif. Tahun ini, diperkirakan kendaraan listrik China akan mencapai 1 juta unit. Angka itu naik 26% dari tahun lalu.

Foto by Zing

Sementara negara-negara lain juga sudah mulai mengusulkan larangan kendaraan yang menggunakan mesin pembakaran internal, seperti Inggris, Prancis, dan India.

Dilansir Zing, Wan Gang menginginkan dirinya ingin menciptakan sebuah sistem yang mana menjamin keamanan energi dan bisa mengembangkan perusahaan-perusahaan China, seperti disampaikan mantan Eksekutif Chrysler, Bill Russo.

"Dia tahu dia tidak bisa menang pada bidang yang sudah lama dikuasai pihak lain," ujar Russo.

1 dari 1 Halaman

Tokoh Kunci di China

Tokoh Kunci di China

Saat menjadi menteri, Wan menggelontorkan miliaran yuan untuk penelitian dan pengembangan industri populer. Dia berulang kali menantang para insinyur China. Hasilnya, bus untuk Olimpiade Beijing 2008, 1.000 mobil bertenaga baterai di setiap kota besar.

Musim semi 2010, pabrikan China menerima hibah USD 10.000 untuk setiap kendaraan listrik yang mereka jual.

Foto by Zing

"Akan ada strategi untuk mengembangkan kendaraan dalam 10 hingga 20 tahun mendatang," ujar Wan kepada salah satu media China, pada Maret lalu.

Diakui petugas hubungan pemerintah Nissan Motor, Makoto Yoshida, Wan Gang adalah tokoh kunci. Berulang kali, Wan juga diundang pabrikan lain untuk mengunjungi pabrik.

"Dia adalah pelanggan penting di China. Jika China mengatakan, 'kami tidak menerima teknologi Anda', itu masalah besar. Inilah mengapa Wan Gang adalah tokoh kunci," ujar Makoto, seperti disitat dari Zing.

Saat ini, lebih dari 100 kendaraan listrik buatan China ada di pasaran. Mayoritas dikembangkan oleh Warren Buffet, seperti BYD, startup seperti NIO.

 

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami