Bukan dari Tiongkok, Pabrik Sokonindo Diisi 95 Persen Tenaga Lokal

PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) resmi membuka pabrik barunya di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten.

Selasa, 28 November 2017 21:30
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) resmi membuka pabrik barunya di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Dengan luas lahan mencapai 20 hektar dan total investasi sebesar $150 juta (Rp 2,02 triliun), pabrik Sokonindo bakal menciptakan lapangan kerja yang cukup besar bagi Indonesia.

Sebagai tahap awal, produksi pabrik akan berjalan menggunakan satu shift dan dengan kapasitas 15 ribu unit. Di mana saat ini jumlah bekerjanya baru 376 tenaga kerja lokal dan 39 karyawan Tiongkok. Namun, secara total pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 50 ribu per tahun.

"Ke depannya pabrik akan bekerja secara maksimal di awal tahun 2019 dengan 3 shift. Sehingga serapan tenaga kerjanya dapat mencapai 2 ribu karyawan. Angka itu belum termasuk sekitar 4 ribu sampai 5 ribu tenga kerja dari operasional mata rantai produksi dan distribusi," jelas Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile.

Di samping penyerapan tenaga kerja, Sokonindo juga akan memastikan pengembangan kualitas karyawannya melalui pelatihan yang berkelanjutan. Bahkan, dikatakan Alexander bahwa pihaknya menargetkan jumlah karyawan Sokonindo nantinya akan didominasi oleh tenaga kerja lokal.

"Penyediaan karyawan dengan ketrampilan tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Namun, dengan pelatihan yang berkelanjutan kami yakin dapat menghasilkan tenaga kerja yang berketrampilan tinggi. Oleh karena itu, kami menargetkan 95 persen tenaga kerja di Sokonindo adalah karyawan dari Indonesia di 2019," jelas Alexander.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami