Bukan Cuma Trek Balap Liar dan Formula E, Ancol Dibidik Jadi Destinasi Otomotif

Selain Formula E dan disediakannya trek resmi untuk menampung pembalap liar, kawasan Ancol di Jakarta Utara akan dijadikan destinasi otomotif di Ibukota.

Sabtu, 22 Januari 2022 09:15
Bukan Cuma Trek Balap Liar dan Formula E, Ancol Dibidik Jadi Destinasi Otomotif Ketua IMI Bambang Soesatyo dan Direktur Utama PT Wahana Agung Indonesia Propertindo Frans Taira (Istimewa)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Ancol di era tahun 1980-an pernah memiliki sirkuit kecil dan digunakan untuk balapan resmi, baik mobil maupun sepeda motor. Seiring permebangan zaman akhirnya lintasan tersebut dibongkar.

Namun kini kegiatan balap kembali dihidupkan di kawasan Ancol, Jakarta Utara setelah dibuat trek lurus resmi untuk digunakan para pembalap liar di Jakarta. Trek tersebut disediakan untuk menampung hobil anak muda yang suka balapan di jalan raya.

1 dari 4 Halaman

Selain trek drag race, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga tengah membangun lintasan untuk balapan internasional Formula E, yang rencananya diselenggarakan tanggal 4 Juni 2022 mendatang.

Potensi Ancol yang cukup besar untuk kegiatan otomotif mendorong Ikatan Motor Indonesia (IMI) kerjasama dengan menandatangi Perjanjian Kemitraan Dengan Ancol Beach City untuk memajukan olahraga otomotif dan pariwisata Indonesia.

2 dari 4 Halaman

Penandatangan dilakukan Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum IMI dan Frans Tairas selaku Direktur Utama PT Wahana Agung Indonesia Propertindo di kawasan wisata Ancol, kemarin (19/1/2022).

IMI menginisiasi agar kedepannya Ancol bisa menjadi destinasi favorit kalangan otomotif. Salah satu potensinya adalah Ancol Mall, yang terletak di Pantai Carnaval Taman Impian Jaya Ancol.

3 dari 4 Halaman

Ancol Mall yang berkonsep “one stop entertainment center” menjadikannya sebagai salah satu tempat yang tepat untuk diselenggarakannya berbagai ajang event otomotif di Jakarta.

Berbagai acara besar event otomotif seperti Jakarta Supermoto, Eurofest, Jakarta Autofest dan Jakarta Harley Day sukses diselenggarakan di Ancol Mall.

"Nantinya, Ancol tak hanya menjadi destinasi rekreasi saja, namun juga untuk edukasi, tempat berkumpul komunitas, hingga lokasi beragam event olahraga otomotif. Kedepannya akan banyak kegiatan-kegiatan otomotif di sana," kata Bamsoet.

4 dari 4 Halaman

Karena itu, lanjutnya, kemitraan IMI dengan Ancol Beach City dinilai Bamsoet sebagai langkah yang tepat. Selain memiliki lokasi pantai yang strategis, pertimbangan harga yang terjangkau juga menambah daya tarik.

"Ancol Beach City adalah lahan strategis untuk kemajuan dunia otomotif. Apalagi akan ada sirkuit Formula E. Sayang kalau tidak dimaksimalkan untuk orang banyak. Khususnya komunitas otomotif," tutup Bamsoet.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami