Bosch Tawarkan Powertrain Mobil Listrik Kompak

Bosch baru-baru ini mengumumkan sebuah teknologi yang menggabungkan tiga komponen powertrain ke dalam satu unit.

Rabu, 06 September 2017 22:15
Foto: Bosch
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Bosch baru-baru ini mengumumkan sebuah teknologi yang menggabungkan tiga komponen powertrain ke dalam satu unit. Ketiga komponen ini merupakan gabungan dari mesin, power electronics atau pengonversi dan pengontrol daya listrik, serta transmisi membentuk satu unit kompak yang langsung menggerakkan as roda mobil. Konsep ini membuat powertrain menjadi lebih efisien, serta lebih terjangkau.

"Dengan as roda elektriknya, Bosch menerapkan prinsip all-in-one pada powertrain," ujar Dr. Rolf Bulander, anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH sekaligus ketua sektor bisnis Mobility Solutions.

Karena alasan inilah powertrain baru ini menjadi peluang bisnis potensial bagi Bosch. Komponen-komponennya sangat fleksibel, yang berarti e-axle dapat dipasang pada mobil hibrida dan listrik, mobil kompak, SUV, dan bahkan truk ringan.



"Dari segi ekonomi, as roda elektrik bisa menjadi sebuah terobosan besar bagi Bosch," kata Bulander.

"As roda elektrik ini adalah powertrain 'rintisan' bagi mobil listrik, juga bagi para produsen mobil yang telah mapan. Komponen ini memungkinkan produsen mobil menghemat waktu pengembangan yang berharga dan mempercepat peluncuran kendaraan listrik mereka ke pasaran," tambah Bulander.

Powertrain ini dapat menghasilkan daya antara 50 dan 300 kilowat sehingga mampu menggerakkan kendaraan besar seperti SUV secara elektrik sepenuhnya. Torsi pada as roda kendaraan bisa berkisar antara 1.000 sampai 6.000 Newton meter. Saat dipasang di kendaraan hibrida dan listrik, as roda depan dan belakang bisa digerakkan.



As roda elektrik yang menghasilkan daya 150 kilowatt beratnya sekitar 90 kilogram, dan sejauh ini beratnya masih lebih rendah daripada gabungan beberapa satuan komponen.

Bosch mengkustomisasi powertrain sesuai dengan kebutuhan setiap pembuat mobil sehingga pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengembangkan komponen baru. Sampel produksi as roda elektrik telah diuji coba bersama mitra. Produksi massal direncanakan dimulai pada 2019.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/nzr/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami