Bongkar Tabungan Demi Mobil SUV, Rawat dengan Tepat Biar Tak Cepat Rusak

Nggak heran jika kamu sampai rela membongkar tabungan demi memiliki mobil SUV. Nah, biar nggak bolak-balik masuk bengkel, lakukan tips-tipis jitu ini.

Jum'at, 20 September 2019 11:28
(c) Shutterstock
Editor : Wuri

Otosia.com - Buat yang ngaku pecinta otomotif, jenis mobil Sport Utility Vehicle alias SUV memang sudah nggak aisng lagi. Di Indonesia, mobil ini termasuk yang paling banyak diminati karena ketangguhannya di berbagai medan, kapasitas besar, dan punya fitur yang bikin kamu makin nyaman berkendara.

Nggak heran jika kamu sampai rela membongkar tabungan demi memiliki mobil SUV. Nah, biar nggak bolak-balik masuk bengkel, lakukan tips-tipis jitu ini.

Jangan Terlalu Kuat Menekan Pedal Gas

Namanya juga mobil baru. dipicu rasa penasaran pada kecepatan yang bisa ditempuh, kamu menekan pedal gas terlalu kuat. Padahal cara ini bisa bikin mobil mencapai level Rotation per Minute (RPM) yang kurang tepat dan bakal mempengaruhi ritme perpindahan gigi selama berkendara. Nah, ujung-ujungnya kecepatan mobilmu pun jadi kurang maksimal.

Hindari Jarak Terlalu Pendek

Saking senangnya punya mobil baru, pergi dalam jarak dekat saja harus pakai tunggangan gres tersebut. Bisa dimaklumi sih, tapi kebiasaan itu justru bakal bikin mesin mobil jadi rentan rusak. Jarak tempuh yang pendek dan hanya butuh beberapa menit perjalanan saja akan membawa dampak buruk buat mobil SUV karena mesin yang belum stabil alias dingin.

Padahal untuk mengoptimalkan kerja mesin, butuh waktu sekitar 3 menit untuk memanaskan mesin mobil. Bukan hanya bisa bikin mesin mobil SUV cepat rusak, bepergian dalam jarak yang terlalu pendek bisa bikin pemakaian bahan bakar jadi boros.

Ganti Oli Secara Rutin

Baru beli kok sudah ganti oli? Faktanya, pemilik mobil baru sering menganggap remeh hal ini, dengan anggapan mobil yang tergolong masih baru dan jarang dipakai.

Namun, mobil gres sekalipun juga harus rutin diganti olinya karena sangat diperlukan untuk melumasi bagian mesin mobil dan menjaga kondisi mesin. Ini pun juga akan berdampak pada kenyamananmu selama berkendara. Oleh karena itu, ingat untuk mengganti oli secara rutin agar mobil tetap awet.

Hindari Sikap Ugal-Ugalan

Bukan hanya cara mewarat mobil saja, tapi cara mengendarai mobil pun juga punya pengaruh besa buat kondisi mobil SUV barumu. Saking senangnya, nggak sedikit yang bersemangat saat berkendara dengan memacu mobil dalam kecepatan tinggi tanpa memperhatikan kondisi jalan yang terkadang nggak mulus. Mengendarai mobil secara ugal-ugalan bukan hanya dapat mengancam keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya, tapi juga bikin kondisi mobil cepat rusak, lho.

Hindari Menekan Kopling Saat Macet

Kebanyakan orang cenderung menekan kopling saat jalanan dalam keadaan macet agar mesin nggak mati. Siapa sangka jika kebiasaan ini malah bikin kampas kopling cepat aus dan perlu penggantian meskipun jarak yang ditempuh masih relatif singkat. Untuk menghindari hak ini, biasakan menekan kopling saat posisi kendaraan standard, dimana mobil akan berjalan jika posisi gigi satu dan kopling dilepas.

Sering dianggap sepele, kebiasaan-kebiasaan ini justru jadi pemicu masalah yang bikin mobil jadi keluar masuk bengkel. Rawat mobil hasil membongkar tabungan sebaik mungkin agar bebas masalah saat berkendara.

(kpl/eth)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami