Bongkar 'Sejuta' Godaan Wuling Almaz RS yang Sulit untuk Ditolak

Wuling Almaz RS diperkenalkan pertama kali pada 18 Maret 2021 lalu dengan mengusung banyak sekali fitur baru. Bahkan bisa dibilang 'terlalu' melimpah untuk mobil di kelas Rp 350 jutaan.

Senin, 05 April 2021 08:45
Bongkar 'Sejuta' Godaan Wuling Almaz RS yang Sulit untuk Ditolak Wuling Almaz RS (Nazar Ray)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - 'Naik kelas', itulah kesan pertama ketika melihat Wuling Almaz RS resmi diperkenalkan ke publik Indonesia. Mengusung emblem RS yang berarti Rising Star rupanya bukan embel-embel belaka. 'Sejuta' godaan yang ditawarkan serasa sempurna!


Wuling Almaz RS diperkenalkan pertama kali pada 18 Maret 2021 lalu dengan mengusung banyak sekali fitur baru. Bahkan bisa dibilang 'terlalu' melimpah untuk mobil di kelas Rp 350 jutaan.

Wuling Almaz RS (Nazar Ray)

Di sisi lain, siapa yang tidak akan menemukan aura garang dilihat dari semua sisi eksteriornya. Ya, kesan 'naik kelasnya' pasti terlihat jelas, terutama untuk mereka yang akrab dengan Almaz model non-RS.

Lanjut bicara soal fitur, mungkin Kamu akan dibikin bingung sendiri. Bukan tentang rumitnya, tapi justru karena saking banyaknya.

Untuk membongkar satu per satu godaan Wuling Almaz RS, rasanya kurang afdhol bila tidak mengurutkannya mulai dari konsep terluarnya sampai dengan perintilan yang mungkin tidak banyak orang pahami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 dari 10 Halaman

1. Eksterior Agresif Bikin Gengsi Naik

Dari generasi pertama (non-RS), Almaz memang sudah memasang tampang modern dan menjejalkan konsep tegas yang cenderung sporty. Varian RS bisa dibilang 'penyempurnaan' yang menekankan aura sinis dengan baluran kontras garis berwarna merah.

Garis merah itu seperti mengingatkan kembali dengan desain mobil kelas wahid seperti Nissan GT-R Nismo berharga miliaran juta Rupiah.

Wuling Almaz RS (Nazar Ray)

Bukan hanya di depan saja, garis merah itu juga melilit ke bagian buritan, sehingga serasi dilihat dari berbagai angle. Apalagi, ada unsur penegas seperti rupa knalpotnya yang terlihat futuristik, dan seolah lubangnya ada di kiri dan kanan. Sampai sini, rasanya malas untuk menambah-nambah lagi aksesori karena justru akan mengurung karakter dasarnya yang sudah apik.

Wuling Almaz RS dari Buritan (Wuling)

Kalau dirunut lagi, sebenarnya masih ada perubahan lain yang bikin tampilannya lebih kece, terutama pada Rear Tail Light Close Up dan juga Integrated Future Eyes LED.

2 dari 10 Halaman

2. Interiornya Bikin Betah

Sudahlah, kalau pernah masuk ke dalam kabin Wuling Almaz pasti tidak akan kaget lagi dengan sensasi interiornya yang serba premium. Kali ini Wuling Almaz RS sudah punya Wireless Charging Pad yang bikin nyaman tanpa perlu colok ke mana-mana.

 Interior Wuling Almaz RS (Wuling)

Pegangan setirnya sudah pasti enak dan berasa punya mobil mahal karena dibalut dengan kulit. Di belakang setir, semua kondisi mobil terpantau secara komplet dan menyenangkan dengan 7" LED Multi-Instrument Display.

Enggak usah beli mobil Rp 500 jutaan ke atas atau bermimpi membeli Tesla kalau ingin head unit lapang dan kelihatan canggih. Dari generasi sebelumnya pun Wuling Almaz ditanami 10.4" Smart Multimedia Wireless dengan Screen Cast.

Enaknya lagi, suara dalam kabin sangat kedap sehingga noise dari luar teredam dengan baik. Kalau lagi santai, musiknya tidak kalah memanjakan karena semua Audio System didukung oleh Infinity by Harman.

Pas siang yang sejuk dengan pemandangan indah, paling mantap kalau Panoramic Sunroof-nya dibuka. Rasanya berselimutkan langit memang beda!

Panoramic Sunroof Wuling Almaz RS (Wuling)

3 dari 10 Halaman

3. Fitur Safety-nya Komplet Parah!

Urusan keselamatan, jelas wajib hukumnya ada di setiap mobil tanpa terkecuali. Nah, Wuling Almaz RS masih menggunakan Front Side Airbags. Lalu kalau mau mundur, 360 derajat kameranya bisa memantau setiap rintangan di sekitar mobil. Karena head unit-nya lebar, visibilitasnya makin jelas dan gampang untuk mengatur-atur posisi mobil.

Di saat darurat, tidak jarang pengemudi lupa menghidupkan lampu hazard sebagai tanda bahaya untuk kendaraan di belakangnya. Inilah salah satu penyebab pengendara yang sedang mengekor jadi kurang waspada dan kaget bila mobil di depannya melakukan hard-braking.

Rear Lamps Wuling Almaz RS (Dream.co.id)

Ada satu fitur unik yang dimiliki Wuling Almaz RS, yaitu ESS (Emergency Stop Signal). Fitur keselamatan ini akan mengaktifkan hazard seketika saat mobil direm mendadak sehingga mobil di belakang bisa menghindari tabrakan.

4 dari 10 Halaman

4. Punya Ekosistem Terkoneksi Internet


Perlu diketahui bahwa Wuling baru saja mengeluarkan teknologi baru dengan nama WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem). Seperti namanya, fitur ini memang dimaksudkan untuk membuat ekosistem sendiri antara pengguna dan mobil kesayangannya melalui jarigan internet. Dengan begitu, mobil akan kian mengerti pengguna, pun pengguna tidak akan susah mengoperasikan mobilnya.

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (Wuling)

Dalam sistem WISE itu terdapat Internet Car. Ini yang bikin naik mobil serasa Android berjalan karena semua fasilitas berbau internet bisa disantap pada head unit mobil, contohnya Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Enaknya lagi, ada perintah suara Wuling Indonesian Command (WIND) yang enggak mewajibkan penggunanya fasih Bahasa Inggris.

Selain itu, WISE masih memiliki ADAS (Advanced Driver Assistance). Ini yang paling baru dan luar biasa dimiliki Almaz RS. Bisa jadi fitur-fitur ini akan menjadi tantangan baru buat mobil produksi Jepang maupun Eropa yang sudah ada di Indonesia.

Yuk kita bongkar apa saja kemampuan ADAS pada Wuling Almaz RS.

5 dari 10 Halaman

5. Serasa Punya Asisten Pintar di Dalam Mobil


ADAS sendiri punya empat kategori, antara lain Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking (SDB) dan Vehicle Positioning.

Biar mudah dipahami, mari bedah secara berurutan. Pertama ialah Adaptive Cruise. Fitur ini memiliki turunan salah satunya Adaptive Cruise Control (ACC) yang membuat mobil bisa melaju tanpa harus menginjak pedal serta mengerem otomatis menyesuikan mobil di depan.

Adaptive Cruise Control (Wuling)

Saat di depan dideteksi adanya lalu lintas padat, Traffic Jam Assistance (TJA) akan mengambil alih. Fitur ini didukung dengan Intelligent Cruise Assitance (ICA) yang membantu pengemudi saat melewati lalu lintas padat dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Traffic Jam Assistance (Wuling)

TJA memiliki fungsi yang mirip dengan Adaptive Cruise Control, tapi akan beroperasi ketika lalu lintas padat yang memaksa mobil melambat hingga stop-n-go.

Dengan Lane Keeping Assist (LKA) pada fitur Lane Recognition, mobil dipantau agar selalu berada pada lajur yang benar. Bila terjadi perubahan lajur yang tidak wajar, atau tiba-tiba terdeteksi kendaraan yang mendekat dan membahayakan, maka fitur Lane Departure Warning (LDW) yang akan bekerja. LDW aktif dengan sendirinya ketika mobil melaju pada kecepatan 60-180 Km/jam.

Lane Keeping Assistance (Wuling)

Ketika menemui tikungan, maka Bend Cruise Assistance (BCA) akan bekerja mengendalikan kecepatan. Inilah yang jadi pembeda dengan fitur Cruise Control biasa, karena umumnya pengemudi harus mengatur ulang kecepatan ketika mendekati tikungan.

Bend Cruise Assistance (BCA)

Kalau pun jarak mobil kurang aman dengan kendaraan di depan, masih ada Safe Distance & Braking Asistance yang memperingatkan pengemudi lewat Safe Distance Warning (SDW).

SDW dilengkapi Forward Collision Warning (FCW) untuk mendeteksi potensi tabrakan sehingga pengemudi dijamin tidak akan sempat melamun. Soalnya, fitur ini akan mengeluarkan peringatan berupa suara, tampilan visual dan rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya.

Forward Collision Warning (Wuling)

Soal rem otomatis, itu tugas dari Automatic Emergency Braking (AEB). Pengemudi yang tidak juga merespon ketika telah diberikan peringatan, akan langsung menerima bantuan dari AEB dengan mengerem darurat secara otomotis.

Automatic Emergency Braking (AEB)

Apabila pengemudi rupanya merespon dan segera menginjak rem, inilah waktunya Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA) yang turun tangan. IHBA yang sudah aktif akan menyesuikan gaya pengereman pengemudi sehingga mobil bisa menghindari tabrakan.

Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA)

Risiko terburuk tentu saja kecelakaan yang tidak bisa dihindarkan. Untuk mengurangi fatalitas, Wuling Almaz RS lantas dibekali dengan Collision Mitigation System (CMS).

 

6 dari 10 Halaman

6. Memberi Rasa Tenang

Fitur keselamatan sudah, bagaimana dengan fitur keamanan?

Terlepas dari fitur standarnya, Wuling Almaz RS kini punya tambahan teknologi yang tidak kalah keren. Ada Vehicle Positioning, yang siap memberikan sinyal kalau saja pemilik lupa lokasi ia memarkir mobil. Nah, kalau misalkan parkirnya terlalu jauh maka sistem Geo-Fencing Security selanjutnya yang akan memberikan peringatan.

Vehicle Positioning (Wuling)

Di saat panas menyengat dan butuh kabin yang dingin, pengemudi tinggal mengaktifkan Vehicle Remote Control. Enaknya fitur ini bisa memanaskan mesin sekaligus mendinginkan kabin. Jadi ketika masuk kabin, mobil sudah siap jalan.

Vehicle Remote Control (Wuling)

Komplet banget kan?

7 dari 10 Halaman

7. Ramah dengan Pengendara Lain

Salah satu penyebab kecelakaan tentu saja lampu kendaraan yang tidak ramah dengan pengendara lain. Kalau Wuling Almaz RS, sudah beda cerita. Ia menggunakan teknologi Intelligent Head Beam Assistance yang secara kapan saja menyesuaikan ketinggian cahaya headlamp berdasarkan kondisi lingkungan sekitar.

8 dari 10 Halaman

8. Pilihan Sesuai Selera

Tidak banyak varian, cuma dua, jadinya memilihnya pun lebih mudah. Wuling Almaz RS hanya memiliki varian Pro dan EX.


Pembeda keduanya ialah corak two-tone yang hanya tersedia untuk Pro. Lalu, kelengkapan fitur ADAS pun dibikin beda.

"(Wuling Almaz) RS varian EX dilengkapi sensor radar, sementara varian Pro dilengkapi sensor radar plus kamera yang high definition. Perbedaannya berpengaruh pada fitur yang bisa dilakukan. Namun, internet of vehicle semua full feature," ungkap Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Bicara soal warna, Wuling Almaz RS Pro memang punya empat pilihan two-tone color contohnya Pristine White + Black, Dazzling Silver + Black, Aurora Silver + Black, dan Carnelia Red + Black. Kalau enggak mau yang dua warna, tersedia Starry Black yang juga tak kalah gagah.

Varian Warna Wuling Almaz RS Pro (Wuling)

Sedangkan varian Wuling Almaz EX memang dibikin lebih simpel tanpa corak kombinasi, seperti Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver, Carnelian Red, dan Starry Black.

Varian Warna Wuling Almaz RS EX (Wuling)

Terakhir, pilihan konfigurasi bangkunya pun tersedia 5-seater dan 7-seater.

9 dari 10 Halaman

9. Mumpung Diskon, Buruan!

Yang menarik, Wuling Motors memberikan harga 'PPnBM' dengan penurunan hingga Rp 16 juta. Misalnya varian Almaz RS Exclusive 7-seaters dari Rp 365.800.000 menjadi Rp 350.300.000, dan Almaz RS Pro 7-seaters dari Rp 370.800.000 menjadi Rp 354.800.000.

Sementara Wuling Almaz RS EX 5-seaters dari Rp 355.800.000 dengan harga subsidi menjadi Rp 340.800.000. Semuanya adalah harga on the road Jakarta.

"Kami kasih harga spesial PPnBM. Harga tersebut hanya berlaku selama satu bulan, sampai April. Setelah itu kembali ke harga normal," ujar James Wu, Chief Financial Officer of Wuling Motors.

Berikut rincian harga Wuling Almaz RS:

Varian Harga Asli

Harga Promo

Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS Exclusive 7-seaters Rp 365.800.000 Rp 350.300.000
Wuling Almaz RS Pro 7-seaters Rp 370.800.000 Rp 354.800.000
Wuling Almaz RS Exclusive 5 Seaters Rp 355.800.000 Rp 340.800.000

10 dari 10 Halaman

10. Kurang Puas? Test Drive Solusinya!

Wuling Smart Showroom (Wuling)

Sungguh, membahas soal Wuling Almaz RS seperti tiada habisnya. Apalagi, bila hanya menuliskannya saja. Satu tulisan rasanya tidak akan cukup untuk membongkar semua fitur dan kecanggihannya.

Solusi untuk Kamu yang masih penasaran dan tentu saja ingin sekali menjajal sendiri semua fiturnya tentu dengan melakukan test drive.

Wuling sendiri punya cara unik dan tanpa ribet bagi yang ingin tahu lebih dalam tentang Almaz RS.

Konsumen dapat mengakses Wuling Smart Showroom yang tersedia di laman resmi Wuling Indonesia.

Di sini, Kamu bisa melihat detail dan rincian mobil yang dicari. Semua informasi tersaji secara gamblang mulai varian, warna, tampilan eksterior, interior, spesifikasi sampai fitur-fitur pintarnya. Ada juga informasi soal promo serta kalkulator cicilan.

Nah, kalau sudah penasaran sampai di ubun-ubun, Kamu bisa langsung klik tombol test drive untuk segera booking tempat.

Gampang banget ya!

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami