Bolehkah Menggeber Mobil Sebelum Mematikan Mesin?

Ada kebiasaan menggeber mobil sebelum mematikan mesin, bolehkah hal tersebut?

Senin, 14 Desember 2020 08:15
Bolehkah Menggeber Mobil Sebelum Mematikan Mesin? Mobil diparkir usai berkendara (Liputan6.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Usai mengendarai mobil, ada satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pengemudi, yakni menggeber mesin sesaat sebelum mematikannya. Alasannya adalah untuk membersihkan ruang bakar dan sirkulasi pelumasan.

Terkait hal itu, ternyata menggeber mesin sebelum mematikannya merupakan tindakan yang tidak perlu. Bahkan tidak disarankan, sebab dapat menimbulkan kerusakan jangka panjang.

 

1 dari 2 Halaman

Melansir laman Hyundai Indonesia, menggeber mesin sebelum mematikannya tidak diperlukan karena mesin saat ini telah menggunakan teknologi komputer atau ECM (Engine Control Module).

ECM tersebut sudah mengatur seluruh sistem pada mesin mobil, termasuk sirkulasi pelumasan.

2 dari 2 Halaman

Bahkan mesin yang dilengkapi turbo sangat tidak disarankan untuk menggeber-geber mesin sebelum mematikannya. Tindakan itu malah membuat mesin turbo terlalu panas. Jika sampai terjadi, maka mesin akan cepat rusak. Sebab pada dasarnya mesin turbo sebelum dimatikan tidak boleh terlalu panas.

Oleh sebab itu, bagi pemilik mobil bermesin turbo sangat disarankan untuk mendiamkannya beberapa saat sebelum mematikannya. Apalagi setelah berkendara jauh. Ketika suhu sudah turun atau lebih dingin, baru mesin mobil bisa dimatikan.

(kpl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami