Bolehkah Aki Disetrum Ulang?

Salah satu komponen mobil yang memiliki peranan cukup penting ialah aki. Fungsinya untuk menyimpan cadangan listrik yang disuplai oleh alternator. Karena itulah aki yang bermasalah akan mengganggu operasional mobil.

Sabtu, 28 April 2018 11:45
Ilustrasi: Carformjapan.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu komponen mobil yang memiliki peranan cukup penting ialah aki. Fungsinya untuk menyimpan cadangan listrik yang disuplai oleh alternator. Karena itulah aki yang bermasalah akan mengganggu operasional mobil.

Layaknya komponen lainnya, aki pun memiliki usia pakai. Biasanya, jika kinerja aki mulai menurun, pemilik mobil kerap menggunakan jasa pengisian aki.

Sebenarnya, bolehkah aki disetrum ulang? Jika boleh, apakah kinerjanya akan sama seperti baru?

Dikutip dari situs resmi Hyundai, pengisian ulang aki bukanlah hal yang terlarang. Namun, tentu kondisinya tidak akan sebaik sebelumnya. Pasalnya, beberapa sel baterai tidak berfungsi maksimal karena termakan usia.

Alat yang digunakan untuk mengisi ulang daya aki pun harus disesuakan dengan arus aki. Disarankan pengisian aki menggunakan arus kecil untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan pada sel baterai.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami