BMW X5 Bakal Pakai Hidrogen, Tapi Baru Ada Tahun Depan

Berbasis BMW X5, BMW i Hydrogen NEXT akan menggunakan bahan bakar hidrogen. Rencananya, SUV ini akan diproduksi sebagai model contoh pada tahun 2022.

Selasa, 04 Mei 2021 22:15
BMW X5 Bakal Pakai Hidrogen, Tapi Baru Ada Tahun Depan BMW i Hidrogen NEXT (Carbuzz)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Selain mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga hidrogen rupaynya kian menarik para pabrikan mobil. Toyota tak cukup dengan mesin hidrogen Mirai, pabrikan asal Jepang itu disebut tengah mengembangkan mesin hodrogen yang benar-benar baru.

Sementara itu, pabrikan mobil mewah asal Jepang pun melakukan hal yang sama. Tahun lalu, BMW mengakui akan memroduksi BMW X5 versi bahan bakar hidrogen.

Dilansir dari Carbuzz, hanya saja SUV itu akan bernama BMW i Hydorgen NEXT. SUV itu akan mulai ada di jalur produksi pada tahun 2022.

1 dari 2 Halaman

BMW i Hydrogen NEXT (Carbuzz)

Produksi rangkaian kecil SUV itu akan dilakukan di Lightweiht Construction and Technology Center di Landshut, Jerman. Sedangkan perakitannya akan dilakuka di Munich.

SUV versi hidrogen itu tak beda jauh dengan X5, hanya terlihat livery unik yang membalut bodinya. Selain itu juga terdapat velg paduan warna hitam dan biru, gril berbeda dan bumper baru tanpa pipa knalpot di bagian belakang.

"Saya yakin teknologi hidrogen akan mendapatkan daya tarik, dan saya berkomitmen untuk menjadikan Bavaria lokasi berteknologi tinggi untuk teknologi hidrogen. Ini adalah cara yang konstruktif untuk menanggapi permasalahan iklim. Fokusnya saat ini adalah membangun infrastruktur hidrogen di tingkat nasional dan internasional, dari produksi hingga aplikasi," kata Deputy Minister-President Bavaria, Hubert Aiwanger.

2 dari 2 Halaman

Mobil hidrogen dinilai lebih cocok untuk perjalanan jauh ketimbang mobil listrik berbasis baterai. Pengisian bahan bakar hidrogen hanya butuh beberapa menit. Sedangkan mobil listrik-baterai butuh beberapa jam.

BMW mengatakan akan membuat beberapa model conth i Hydrogen NEXT, tapi tidak akan menjualnya ke konsumen. Mereka mengatakan masih perlu melihat perkembangan infrastruktur hidrogen sebelum menjual kendaraan hidrogen.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami