BMW X1, SUV Entry Level Yang Semakin Dewasa

Di berbagai belahan dunia SUV mewah dengan paras yang agak ‘kota’ ternyata diperlukan dan banyak request yang muncul

Jum'at, 23 September 2016 13:15
BMW X1 (foto: OTO)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Saat BMW muncul dengan X5, pertanyaan terbesar adalah, kemana visi BMW yang dulu? Yang fokus pada sedan gerak belakang dengan pengendalian yang sporty dan performa mumpuni, namun tetap dapat menjaga kemewahan dan kecanggihan khas mobil Jerman.

Namun ternyata X5 bisa diterima dengan baik. Di berbagai belahan dunia SUV mewah dengan paras yang agak 'kota' ternyata diperlukan. Sejak itu, ekspansi BMW di segmen SUV terus mengakar dan meluas, hingga akhirnya muncul BMW X1, yang memiliki bentuk compact crossover, pada tahun 2009.

Segmen compact crossover berkembang pesat di berbagai belahan dunia, sehingga siapapun tidak mau melewatkannya, termasuk BMW. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 156.417 unit generasi pertama X1 yang juga diproduksi di Indonesia tersebut, keluar dari lini produksi dan diserap pasar.

Kini, generasi kedua X1 juga sudah hadir di Indonesia. Dimensinya membesar secara signifikan dibanding sebelumnya, dan hampir mendekati ukuran BMW X3 yang ada di atasnya. Desainnya lebih tegas dan mencirikan sebuah SUV BMW, baik di depan maupun desain bagian belakang.

Kidney grille yang merupakan ciri khas BMW tentunya harus hadir. Kini grill unik tersebut diapit oleh lampu utama dengan DRL dan headlight yang sudah menganut teknologi LED. Lekukan bumper yang sporty adalah ciri lain dari BMW, dan saat diterapkan pada X1, langsung membuat kesan SUV (atau SAV, Sport Activity Vehicle dalam amus BMW) langusng terlihat. Sepintas, mobil ini seperti X5 yang dikecilkan.

Di bagian interior, lagi-lagi Anda tidak akan salah. Dashboard X1 sarat dengan guratan desain BMW, terutama di konsol tengah yang bertumpuk dan miring ke arah pengemudi. Dashboard yang terlihat sederhana menyimpan beragam fitur untuk mendukung kenyamanan. Mulai dari layar yang mampu menampilkan multimedia, hingga konektivitas yang mudah untuk komunikasi.

Di Indonesia, crossover ini memiliki mesin generasi terbaru yang dilengkapi dengan TwinPower Turbocharger yang lebih canggih dari sebelumnya. Yang menarik, mesin yang digunakannya adalah 3-silinder berbahan bakar bensin, dengan kapasitas 1,5 liter. Mesin ini juga digunakan oleh MINI, dan beberapa varian BMW lainnya. Ada dua varian yang hadir yaitu sDrive18i yang dihargai Rp 619 juta, dan juga sDrive18i S-Line yang dibenderol Rp 659 juta. Kedua harga tersebut adalah off the road.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/prl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami