BMW Motorrad Kembangkan Motor Sport Bertenaga Listrik

Beredar desain paten yang akan menjadi calon motor sport listrik BMW Motorrad.

Kamis, 21 November 2019 14:15
BMW Motorrad Kembangkan Motor Sport Bertenaga Listrik BMW F800 R (BMW Motorrad)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Perlahan tapi pasti, sepeda motor listrik mengalami perkembangan. Belum lama ini Harley Davidson Livewire mulai dijual dan Kawasaki juga tengah mempersiapkan kendaraan bertenaga baterai tersebut.

Rupanya, BMW Motorrad itu juga tengah melakukan hal serupa. Mengutip dari Bennetts.co.uk, pabrikan asal Jerman ini baru saja mematenkan desain motor listriknya.

Berdasarkan dokumen tersebut, tampak jelas motor listrik BMW ini akan memiliki baterai berukuran besar. Komponen itu terletak tepat di atas jantung penggeraknya.

1 dari 2 Halaman

Naked-Sport Bike

Naked-Sport Bike

Selain itu, terlihat juga sektor kaki-kakinya. Di bagian depan, akan terpasang suspensi upside-down, sedangkan bagian belakang ditopang oleh monoshock yang dipadu dengan single-arm.

Dari konfigurasi tersebut, desain paten ini tampak memiliki struktur yang sama dengan naked-bike BMW F800 R. Bahkan, postur berkendaranya pun terlihat tak jauh beda.

Sayangnya, masih belum ada informasi detail terkait motor listrik BMW Motorrad ini. Diprediksi, proyek ini akan terus berlanjut dan prototype atau purwarupanya ditampilkan setidaknya pada akhir 2020 mendatang.

2 dari 2 Halaman

Bukan Hal Baru

Bukan Hal Baru

Motor listrik sebenarnya bukan hal baru bagi BMW Motorrad. Sebelumnya, mereka telah menghadirkan skutik gambot bertenaga baterai pada 2017 silam, yakni BMW C Evolution.

Skutik ini mendapat asupan tenaga sebesar 47,5 hp dan mampu melaju dengan kecepatan maksimum 120 km/jam. Baterainya diadopsi dari mobil listrik BMW i3 dan pengisian dayanya membutuhkan waktu 4 jam.

Sayangnya, nama BMW C Evolution ini tak setenar produk BMW Motorrad lainnya. Kabarnya, itu disebabkan oleh harganya yang terlalu tinggi, mencapai GBP13.500, setara Rp246 jutaan (Kurs GBP1 = Rp18.236).

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami