BMW Motorrad Boyong R Nine T Scrambler di GIIAS

Sesuai namanya, motor ini mengimplementasikan gaya Scrambler yang mampu melibas trek dua alam yakni aspal dan offroad.

Rabu, 03 Agustus 2016 22:15
Foto: BMW Motorrad
Editor : Sony

Otosia.com - BMW Motorrad Indonesia akan meramaikan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dengan menghadirkan R Nine T Scrambler. Sesuai namanya, motor ini mengimplementasikan gaya Scrambler yang mampu melibas trek dua alam yakni aspal dan offroad.

Joe Frans CEO BMW Motorrad mengatakan bahwa motor ini telah mengalami peningkatan di beberapa sektor, salah satunya pengurangan berat akibat gaya scrambler yang memang mengusung kesederhanaan.

"Kami akan menghadirkan R Nine T Scrambler saat GIIAS 2016 nanti. Konsumen dapat melihat langsung kendaraan yang memang ditujukan melaju di dua kondisi jalan," ucap Joe.

Adapun perbedaan R Nine T Scrambler dengan R Nine T 'tangki hitam' paling mencolok terlihat pada kaki-kaki dan letak knalpot. Jika R Nine T menggunakan suspensi up-side down, R Nine T Scrambler justru mengimplementasikan suspensi teleskopik dengan tabung berdiameter 43 mm yang dipadukan rubber tube untuk memberikan kesan klasik. Kaki-kaki ini disempurnakan velg berukuran 19 inci di depan dengan ban semi offroad.

Hal ini menyebabkan ground clearence R Nine T Scrambler lebih tinggi, sehingga cocok untuk menggasak jalan offroad. Sedangkan knalpot Akrapovic diposisikan lebih tinggi guna menghindari benturan saat melintasi jalan offroad.

Perubahan juga terjadi di tangki yang hanya dapat menampung 17 liter bahan bakar atau lebih sedikit 2 liter dari R Nine T, serta panel instrumen yang sederhana tanpa banyak indikator. Pengurangan bobot pun menjadi alasan penyederhanaan tersebut.

"Motor ini dibuat lebih ringan. Sedia belakang bisa dilepas, apabila konsumen ingin suka dengan tampilan kostum. Apalagi Scrambler sendiri identik sebagai kendaraan untuk solo rider," jelas Joe.

Urusan jantung pacu, BMW Motorrad mengusung mesin yang sama yakni 1.170 cc flat twin boxer, 4 tak berpendingin udara yang mampu menyemburkan tenaga 110 hp pada 7.750 rpm dan torsi 116 Nm pada 6.000 rpm. Meski sama, R Nine T Scrambler mengalami penurunan torsi dengan alasan keamanan karena bobot motor yang berkurang.

BMW Motorrad R Nine T Scrambler pun dibanderol Rp 620 juta dengan status off the road dan sudah dapat dipesan saat GIIAS 2016 mendatang.

(kpl/fid/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami