BMW Isetta, Mobil Imut Pengangkut Orang Penting

BMW merilis film pendek yang menceritakan kondisi saat perang saudara di Jerman, dengan latar tahun 1964. Salah satu mobilnya, BMW Isetta menjadi mobil yang memiliki peran penting kalaitu.

Jum'at, 04 Oktober 2019 13:15
BMW Isetta, Mobil Imut Pengangkut Orang Penting BMW Isetta (The Drive)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - BMW Isetta menjadi mboil terkecil dan teraneh yang pernah diproduksi oleh BMW. Sedikit saja orang yang tahu bahwa mobil ini memiliki peran penting untuk membawa orang 'rahasia' dari Jerman Timur ke Jerman Barat.

Kini, 30 tahun setelah runtuhnya tembok Berlin, BMW menandai hal itu dengan merilis film pendek yang menunjukkan peran penting Isetta. Judulnya The Small Escape.

Melansir Zing, film ini menceritakan tentang Klaus-Gunter Jacobi yang menghadapi ancaman kematian saat membantu teman baiknya melintasi petugas perbatasan.

Film ini bercerita dengan latar tahun 1964, 6 tahun setelah Jacobi dan keluarganya meninggalkan Jerman Timur. Jacobi masih memiliki teman di sisi lain tembok Berlin, dan salah satu dari mereka mengubunginya untuk membantunya kabur.

1 dari 2 Halaman

Jacobi Memodifikasi Isetta

Jacobi Memodifikasi Isetta

Jacobi kemudian mengotak-atik Isetta, dan berpikir bahwa Isetta adalah mobil yang tepat untuk melarikan diri. Jacobi juga yakin bahwa tentara tak akan curiga karena Isetta sangat kecil untuk menyelundupkan orang melintasi perbatasan.

Untuk menyembunyikan Manfred Koster di mobil, Jacobi melepas beberapa bagian. Lalu membuat kompartemen yang cukup kecil untuk satu orang, tepat di sebelah mesin. Jacobi juga menghilangkan filter udara, ban cadangan, dan pemanas mobil.

Sebelum tengah malam pada tanggal 23 Mei 1964, Jacobi dan Koster tiba dengan selama di Jerman Barat untuk menyelesaikan misi mereka. Berita itu cepat menyebar, kemudian Jacobi berhasil mengangkut delapan orang lainnya melintasi perbatasan memakai BMW Isetta. Saat ini, BMW Isetta dipajang di Berlin Wall Museum, Jerman.

 

2 dari 2 Halaman

BMW: The Samll Escape

BMW: The Samll Escape

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami