BMW Indonesia Beberkan Rahasia Entengnya M3 dan M4 Coupe

Pihak BMW mengatakan, efisiensi bobot BMW M3 dan M4 Coupe sekitar 80 kilogram dibandingkan dengan model sebelumnya.

Rabu, 16 Juli 2014 19:45
BMW M3 dan M4 Coupe (Foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Salah satu poin keunggulan dari model BMW yang baru saja hadir di Indonesia, M3 dan M4 Coupe, adalah pada entengnya bobot mobil tersebut. Pihak BMW mengatakan, efisiensi bobot kendaraan sekitar 80 kilogram dibandingkan dengan model sebelumnya.

Dua poin rahasia yang melatarbelakangi efisiensi bobot ini didapati dari penggunaan bahan ringan carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dan aluminium.

"Carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dan aluminium di sejumlah komponen sasis dan beberapa suku cadang lainnya. Kedua model terbaru ini juga hadir dengan atap berbahan CFRP," demikian keterangan yang diberikan pihak BMW Group Indonesia.

Penggunaan atap berbahan CFRP sendiri sebelumnya terbatas pada BMW M versi Coupe. Namun, kini BMW juga mengadopsikannya pada M3 empat pintu.

Atap CFRP menghasilkan penghematan berat lima kilogram pada BMW M3 dan lebih dari enam kilogram pada BMW M4 Coupe. Pengurangan bobot pun memberikan keuntungan lain, yakni menurunkan pusat gravitasi mobil sehingga mobil lebih dinamis.

Sementara itu, penggunaan bahan aluminium menggantikan baja konvensional. Bahan ini digunakan pada dinding sisi depan dan kap mesin.

BMW M3 sendiri dilepas dengan harga Rp 1.699.000.000 (off-the road), sementara BMW M4 Coupe Rp 1.799.000.000 (off-the road).

BERITA YANG MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami