BJ Habibie Sempat Gunakan Mobil Favoritnya Saat Menjabat Presiden

Ketika menjabat presiden, BJ Habibie mendapat warisan mobil dinas Mercedes-Benz S600 dari Soeharto.

Kamis, 12 September 2019 16:15
BJ Habibie Sempat Gunakan Mobil Favoritnya Saat Menjabat Presiden BJ Habibie meninggal dunia (Liputan6.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Setiap presiden memiliki mobil kepresidenan dengan jenis berbeda-beda yang telah disesuaikan dengan beragam fitur unggulan pada zamannya.

Salah satu kendaraan dinas presiden yang harus dilihat ialah Mercedes-Benz S600 produksi 1994. Berhasil menjadi kendaraan dinas 5 presiden RI, mobil ini memiliki beragam keunggulan dari sisi keamanan.

Pertama kali digunakan Presiden RI Soeharto pada tahun 1995, mobil ini akhirnya diwariskan kepada Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie. Selama masa kepemimpinannya, Presiden RI ketiga tersebut tak pernah berganti kendaraan dinas dan tetap setia dengan mobil yang digunakan.

Memiliki standar keamanan canggih pada zamannya, Mercedes-Benz S600 dilengkapi dengan bodi dan kaca antipeluru serta tahan dari serangan mortir atau granat.

1 dari 1 Halaman

Spesifikasi Mercedes-Benz S600

imageSpesifikasi Mercedes-Benz S600

Terkait jantung pacu, S600 ditenagai mesin berkapasitas 6.000 cc V12 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 402 Tk dan torsi 580 Nm.

Menjadi kendaraan dinas presiden terlama, mobil ini juga digunakan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Presiden Megawati Soekarnoputri serta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mercedes-Benz S600 akhirnya digantikan pada periode kedua SBY, dimana Mercedes-Benz tipe S600L model W221 keluaran 2008 berhasil terpilih menjadi kendaraan dinas Presiden RI.

Sebenarnya, Mercedes-Benz S600 menjadi salah satu mobil favorit BJ Habibie. Bahkan, ia sampai rela merogoh kocek miliaran rupiah hanya untuk mengoleksi sedan besar mewah bertabur fitur tersebut.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami