Bisakah Sertifikasi Bengkel Jadi Solusi Pro-Kontra UU Modifikasi?

Menanggapi pro-kontra larangan modifikasi, menurut Eric dari rumah modifikasi Caprin Racing, sertifikasi harusnya dapat dilakukan oleh masyarakat umum atau tidak terbatas oleh ATPM.

Senin, 14 Desember 2015 22:15
Ilustrasi (Foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Sertifikasi kendaraan modifikasi menjadi salah satu permasalahan yang belum ada jawabannya hingga kini. Pasalnya, jumlah kendaraan yang dimodifikasi dan berjalan di Indonesia terbilang banyak. Hal inilah yang akan menyulitkan dalam melakukan sertifikasi.

Belum lagi aturan yang mengungkapkan hanya agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang dapat melakukan hal tersebut. Padahal, saat ini di Indonesia sudah banyak bengkel yang bisa melakukan modifikasi, mulai dari modifikasi ringan hingga ekstrem. Bahkan, tak sedikit bengkel yang mampu menembus kancah internasional dengan menjual produk modifikasi buatan lokal. Lantas adakah solusi dari isu yang merebak ini?

Menurut Eric dari rumah modifikasi Caprin Racing, sertifikasi harusnya dapat dilakukan oleh masyarakat umum atau tidak terbatas oleh ATPM. Salah satu cara yang memungkinkan menurut Eric adalah melakukan sertifikasi terhadap bengkel yang bergelut di dunia modifikasi.

"Kalau memang mau mengedukasi dan bicara demi safety, sebaiknya dilakukan pelatihan serta sertifikasi bengkel. Dari hal pemotongan rangka, pengelasan, performa mesin dan lain-lain. Jadi bengkel harus mengajukan sertifikasi kalau mau melakukan modifikasi ke kepolisian atau Kementrian Perindustrian," ucapnya melalui sambungan telepon.

Dengan melakukan sertifikasi bengkel, kendaraan yang dimodifikasi oleh masyarakat umum memiliki kelayakan jalan yang teruji, sesuai aturan yang ditetapkan.

"Ini sebenarnya mirip dengan makanan homemade yang harus dapat sertifikasi dari Depkes atau BPOM. Jadi daripada motornya yang diajukan satu-satu, mending bengkelnya. Jadi tidak ribet,"

Namun Eric tak memungkiri cukup sulit untuk mensosialisasikan hal ini. Selain karena banyaknya bengkel di Indonesia, modifikasi yang dilakukan secara personal jumlahnya tak kalah banyak.

News Motor Modifikasi Lainnya

(kpl/fid/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami