Bisa Dilakukan di Rumah Saja, Begini Cara Perpanjang SIM secara Online

Perpanjangan SIM Online akan bisa dilkaukan melalui smartphone dan dari rumah saja. Pemohon hanya perlu mengunduh dan memasang aplikasi lalu mengikuti semua instruksi pada aplikasi.

Kamis, 01 April 2021 20:45
Bisa Dilakukan di Rumah Saja, Begini Cara Perpanjang SIM secara Online Smart SIM (NTMC Polri)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebentar lagi akan bisa dilakukan secara online. Metode ini memungkinkan pemohon perpanjangan SIM melakukannya hanya dari rumah saja.

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf menjelaskan, layanan SIM online ini bisa dilakukan melalui aplikasi yang diunduh melalui App Store ataupun Play Store. Sehingga, pemohon tidak perlu lagi mendatangi Satpas dan untuk memperpanjang masa berlaku SIM.

Jika pemohon sudah mengunduh aplikasi tersebut, maka pemohon harus memverifikasi nomor telepon seluler. Pada fitur registrasi, pemohon bisa mengisikan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau nomor SIM sebelumnya.

 

1 dari 1 Halaman

"Dari data NIK dan nomor SIM bisa terlihat apakah sudah terdaftar atau belum di data registrasi Polri, bahwa dia benar atau tidak sudah membuat SIM. Kalau palsu, maka akan otomatis terdeteksi sistem sehingga dibatalkan," jelasnya, disitat dari laman Korlantasi Polri.

Selanjutnya, pemohon cukup mengikuti instruksi sampai pembayaran dan memilih mekanisme pengambilan SIM baru. Seperti diketahui, saat ini juga tengah berlaku program Samsat Online Nasional. Meski begitu, Yusuf belum bisa memastikan apakah layanan SIM Online ini akan menggantikan Samsat Online Nasional.

(kpl/tys)

TAGS :
Polisi,  SIM
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami