Bikin SIM Menyertakan Kartu BPJS Belum Berlaku di Jakarta

Pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan mengikutsertakan kartu peserta BPJS masih belum diberlakukan di Jakarta, sementara di Malang telah berjalan. Dirlantas Polda Metro Jaya mengaku belum memberlakukan aturan tersebut bagi pemohon dan perpanjangan SIM dan STNK di Ibu Kota.

Senin, 17 November 2014 11:45
Ilustrasi Pembuatan SIM (istimewa)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan mengikutsertakan kartu peserta BPJS masih belum diberlakukan di Jakarta. Sementara di kota Malang telah menjadi isu panas terutama bagi yang hendak melakukan proses perpanjangan SIM.

Diharapkan warga Indonesia agar tidak terpancing isu ini hingga ada sosialisasi resmi pihak kepolisian. Dirlantas Polda Metro Jaya mengaku belum memberlakukan aturan tersebut bagi pemohon dan perpanjangan SIM dan STNK di Ibu Kota.

"Kalau memang setiap membuat SIM dan STNK harus pakai kartu BPJS, hal ini bagus-bagus saja. Toh ini untuk pendataan, biar masyarakat bisa terdaftar dengan baik," ungkap AKBP Warsinem, Kasubdit Rekayasa dan Pendidikan Dirlantas Polda Metro Jaya melalui sambungan telepon kepada Otosia.com, Jumat (14/11). "Ini sangat baik ya untuk memberikan pendataan yang lengkap (terdata secara digital)," tambahnya.

AKBP Warsinem menyatakan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti rencana yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan tersebut. "Belum tahu kalau ada rencana ini. Tapi kalau memang ada pihak-pihak yang berniat untuk membantu kepolisian ya monggo kami terima," ungkapnya.

Rencana tentang pembuatan SIM dan STNK yang harus menyertakan Kartu Peserta BPJS sempat bergulir beberapa waktu lalu. Selain bekerja sama dengan Kemenakertrans RI, BPJS Kesehatan akan menjalin kerja sama lain dengan pihak lain, salah satunya kepolisian.

Dengan adanya aturan tersebut pemerintah menargetkan 257,5 juta penduduk Indonesia akan terdaftar resmi sebagai peserta, selambatnya Januari 2019.

Dereta Artikel Menarik Terkait SIM Lainnya

(kpl/fid/nzr/rd)
TAGS :
Ragam,   SIM
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami