Bikin Satu Ban Butuh Banyak Komponen, Tebak Berapa?

Siapa sangka untuk memproduksi satu ban membutuhkan proses yang kompleks dan tak sedikit material pembuat dibutuhkan. Penggunaan banyak material itu bertujuan untuk mendapatkan ban berkualitas.

Senin, 16 Juli 2018 10:15
Ilustrasi: Moto.michelin.com
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Berbentuk bulat dan berwarna hitam, tampilan ban memang terlihat sederhana. Namun siapa sangka untuk memproduksi satu ban membutuhkan proses yang kompleks dan tak sedikit material pembuat dibutuhkan.

Menurut Marketing Director Michelin Indonesia Putu Yudha, setidaknya dibutuhkan sekitar 200 komponen untuk memproduksi satu ban. Penggunaan banyak material itu bertujuan untuk mendapatkan ban berkualitas.

Soalnya sebagai komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan, ban akan menghadapi kondisi ekstrem mulai dari tertekan bobot kendaraan yang mencapai ratusan kilogram hingga panas tinggi akibat gesekan dengan aspal dan cuaca sekitar.

"Kurang lebih 200an komponen. Dibutuhkan formula yang tepat untuk menghasilkan ban berkualitas," jelas Putu di Jakarta, Jumat (13/07/2019).

Lantas apa saja komponennya? Melansir dari situs resmi Michelin.com, beberapa komponen itu antara lain elastomer (karet), komponen penguat seperti karbon hitam dan silika, plasticizer (bahan additif yang meningkatkan flexibiltas dan ketahanan seperti minyak dan resin), bahan kimiar seprti sulfur, metal penguat (kawat baja), bahan tekstil penguat (nilon, aramid, poliester dan rayon) dan masih banyak lagi.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/fid/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami