Biasa Pakai Gigi Netral Saat Turunan? Segera Tinggalkan Kebiasaan Salah Itu

Ada beberapa pemilik mobil manual beranggapan bahwa ketika melewati jalan yang menurun, maka menggunakan gigi netral saja.

Sabtu, 23 Juni 2018 20:15
Foto by Liputan6.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Ada beberapa pemilik mobil manual beranggapan bahwa ketika melewati jalan yang menurun, maka menggunakan gigi netral saja.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi pun tak memungkiri bahwa hal tersebut sudah menjadi kebiasaan buruk yang dilakukan banyak pengendara.

"Cara itu salah. Kalau itu sering dilakukan, bisa-bisa transmisi jebol, karena ada pompa oli dan lainnya," kata Anjar kepada Liputan6.com.

Pada mobil manual, pengendara baiknya memposisikan gigi pada 2 atau 1 agar ada tambahan engine brake untuk membantu deselerasi. Sementara untuk pengguna mobil matik, saat turunan tajam, baiknya pengendara memindahkan transmisi ke posisi L.

Kebiasaan salah yang sering dilakukan lainnya selain pada jalan turunan yakni pengendara memposisikan transmisi di D (drive) saat berhenti di lampu merah atau macet. Padahal jika kendaraan berhenti sebentar, pengemudi dianjurkan untukmemindahkan transmisi dari posisi D ke N (netral).

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami