Berstatus CBU, Mobil Listrik Porsche Taycan Tak Dapat Insentif Pajak

Lantaran tak diproduksi lokal dan masih berstatus CBU, harga mobil listrik Porsche Taycan di Indonesia akan tetap tinggi.

Kamis, 17 Oktober 2019 19:45
Berstatus CBU, Mobil Listrik Porsche Taycan Tak Dapat Insentif Pajak Mobil listrik Porsche Taycan (Porsche)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 soal harmonisasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) akan direvisi. Itu dilakukan untuk mendukung perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan aturan tersebut, pajak kendaraan tidak hanya dilihat dari kapasitas mesin, tapi juga konsumsi bahan bakar dan emisi yang dihasilkan. Namun, pemberian insentif ini hanya diberikan untuk pabrikan yang berkomitmen melakukan lokalisasi untuk kendaraan listriknya dalam periode tertentu.

Tentu saja, hal tersebut cukup sulit dilakukan bagi pabrikan mobil mewah, seperti Porsche yang berniat untuk meluncurkan mobil sport listrik pertamanya, Taycan di Indonesia dengan status CBU (completely built-up) atau diimpor secara utuh dari Jerman.

"Kalau masalah CKD-nya memang untuk Porsche belum memungkinkan karena Porsche belum pernah diproduksi di negara lain," jelas Ricko Boen, Porsche Trainer saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya dalam Liputan6.com, dengan melihat kondisi tersebut, Porsche berharap pemerintah tetap bisa memberikan dukungan terkait pabrikan yang masih sulit melakukan produksi lokal di Indonesia.

1 dari 1 Halaman

Spesifikasi Porsche Taycan

Spesifikasi Porsche Taycan

Sebagai informasi, Porsche Taycan memiliki dua tipe yang diperkenalkan saat ini yaitu varian paling tinggi Porsche Taycan Turbo dan Turbo S. Di pasar global, harga Taycan Turbo mencapai USD151.000, setara Rp2,1 miliaran sementara Turbo S dibanderol USD185.000 atau Rp2,6 miliaran. Jika masuk ke Indonesia, harganya tentu akan berbeda (Kurs USD1 = Rp14.152).

Perbedaan dari kedua tipe tersebut berada pada tenaga maksimal yang dapat dikeluarkan. Untuk Taycan Turbo dapat memuntahkan tenaga 671 tk dengan overboost sementara Taycan Turbo S lebih besar dengan 751 tk dengan overboost.

Menggunakan transmisi dua kecepatan, Porsche Taycan dapat menyentuh kecepatan puncak 260 km/jam. Disematkan baterai 93,4 kWh lithium-ion dengan teknologi 800 volt. Taycan bisa dicharge hingga baterai penuh 80% dalam waktu 22 menit dengan penambahan 100 km hanya dalam lima menit selama disambungkan dengan charger 270 kW.

Hingga akhir tahun, Porsche berencana akan meluncurkan varian dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu tahun depan juga akan dipersiapkan crossover SUV elektrik yaitu Taycan Cross Turismo.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami