Berkendara di Musim Hujan, Jangan Lupa Mengecek Kondisi Rem

Salah satu komponen penting pada kendaraan yang harus dicek saat musim hujan adalah kondisi rem. Pastikan seluruh komponen pengereman dalam keadaan layak.

Sabtu, 25 Desember 2021 10:15
Berkendara di Musim Hujan, Jangan Lupa Mengecek Kondisi Rem Ilustrasi kendaraan melewati genangan air saat musim hujan (Otosia.com/Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Prakiraan musim hujan tahun 2021 dimulai pada bulan Oktober sampai dengan Februari 2022. Berkendara di musim hujan seperti saat ini membutuhkan ekstra kehati-hatian

Di samping jalanan menjadi licin, jarak pandang terbatas dan kerap tergenang air, persiapan berkendara perlu dilakukan. Pasalnya berkendara di situasi jalan kering dan basah berbeda.

Mengcek komponen-komponen kendaraan sangat dianjurkan. Selain kondisi ban, rem juga menjadi unsur yang mempengaruhi jarak pengereman.

1 dari 4 Halaman

Pemeriksaan atas kesiapan rem kendaraan patut menjadi perhatian. Pada dasarnya performa rem dapat dirasakan oleh pengemudi saat berkendara. Namun demikian, pemeriksaan berkala juga sangat disarankan untuk memastikan kelayakan komponen rem lebih lanjut.

Menurut Boediarto, General Manager Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pemeriksaan meliputi kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem.

"Jika kampas rem ditemukan sudah tipis atau habis maka harus segera diganti. JIka masih cukup tebal, maka cukup dibersihkan," imbuhnya.

2 dari 4 Halaman

Dipaparkan, piringan cakram bisa saja mengalami keausan yang tidak merata. Efeknya ketika mengerem akan berpotensi menimbulkan getaran yang bisa terasa di pedal rem. Jika sudah begitu harus dicek apakah piringan masih bisa dibubut atau sudah harus diganti. 

"Jika perlu dilakukan pembubutan. Sangat disarankan atau direkomendasikan menggunakan alat bubut langsung di kendaraan untuk hasil maksimal," terangnya.

3 dari 4 Halaman

Memeriksa minyak rem

Berkendara di musim hujan wajib memeriksa kondisi minyak rem

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak rem tangki cadangan minyak rem secara rutin seminggu sekali bersama dengan pemeriksaan komponen lainnya.

Untuk pemilik kendaraan Mitsubishi, sebaiknya mengikuti anjuran penggantian minyak rem setiap 40.000 km dengan minyak rem yang direkomendasikan di dalam Owner Manual ataupun bengkel resmi.

"Apabila sebelum mencapai batas jarak minimal tersebut dan minyak rem sudah habis kemunginan ada kebocoran yang harus segera diperiksakan," tukasnya.

4 dari 4 Halaman

Boediarto menyarankan, pemeriksaan rem sebaiknya dilakukan di bengkel resmi guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Terkait musim hujan, Mitsubishi menggelar program rainy campaign pada bulan Desember ini. 'Rainy Campaign' merupakan program paket perawatan kendaraan Mitsubishi Motors yang bertujuan untuk mempersiapkan kondisi kendaraan tetap baik saat menghadapi musim hujan dengan penggunaan suku cadang asli Mitsubishi Motors.

Program tersebut ditujukan untuk konsumen dengan model Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Outlander Sport dan Mirage.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami