Beredar Foto SIM Jadul Tahun 1922, Begini Tampilannya

Media sosial ramai dengan unggahan potret SIM pada tahun 1922.

Senin, 16 Desember 2019 19:15
Beredar Foto SIM Jadul Tahun 1922, Begini Tampilannya Foto SIM tahun 1922 (Twitter/HoldenKlasik)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Saat ini Surat Izin Mengeudi (SIM) memiliki bentuk yang ringkas. Cukup untuk dikantongi atau masuk ke dalam dompet.

Tak hanya itu, bahkan fungsinya pun tak hanya sebagai lisensi mengemudi. Smart SIM yang beredar saat ini pun disebut memiliki banyak fitur, seperti sebagai e-money.

Tapi taukah kamu jika dahulunya SIM tak berbentuk ringkas dan bukan bernama SIM?

 

1 dari 3 Halaman

Jika Otolovers pernah mendengar orang menyebut rebuwes, kamu tak salah lagi. SIM dahulunya disebut rebuwes. Sebenarnya ejaannya menggunakan bahasa Belanda, Rijbewijs.

Tampilan SIM jadul itu pun diunggah oleh akun Twitter Suka Mobil Tua (@HoldenKlasik). "Surat ijin mengemudi zaman kolonial mbah, tertera tahun 1922 yang lebih tau mohon tambahkan informasi mbah, ukurannya berapa? (misalnya)" cuit akun tersebut.

Foto yang dibagikan itu terlihat meenggunaan ejaan Belanda perpaduan tulisan tangan. Tertera pula tahun 1922 di bagian bawah sisi atas foto.

2 dari 3 Halaman

Ukurannya pun memanjang, tapi telrihat bisa dilipat sehingga mungkin bisa seukuran SIM masa kini. DI bagian paling bawah tedapat foto pemiliknya dengan stampel ungu.

Unggahan foto SIM jadul itu banyak memancing minat netizen. Dari foto tersebut juga banyak netizen yang memahami mengapa SIM juga disebut dengan rebuwes.

"Pantes bapak sama eyang slalu bilangnya ..jangan lupa rebuwes nya ya ..." balas akun @MustEkeph.

 

3 dari 3 Halaman

 

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami