Berbeda Rp 1,5 Juta, Adu Fitur Antara United T1800 dengan Niu NQi

Dengan selisih harga Rp 1,5 juta, sepeda motor listrik United Sport T1800 dan Niu NQi Sport 26 dibekali fitur unggulan masing-masing.

Jum'at, 18 Desember 2020 08:15
Berbeda Rp 1,5 Juta, Adu Fitur Antara United T1800 dengan Niu NQi Niu NQi Sport 26 vs United Sport T1800, siapa yang unggul? (Arsip Otosia.com)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Pasar sepeda motor listrik Indonesia kini mulai banyak pemain, baik produsen lokal hingga yang berasal dari Cina. Bahkan kini produsen sepeda lokal bermerek United ikut terjun di segmen motor listrik dengan meluncurkan United Sport T1800 akhir pekan kemarin,

Melihat harga dan fitur yang ditawarkan United Sport T1800, nampaknya motor ini bisa head to head dengan motor listrik impor Cina Niu NQi Sport 26. Soal harga keduanya hanya selisih Rp 1,5 juta.

Jika United Sport T1800 dibanderol Rp 27 juta, maka Niu NQi Sport 26 untuk Jakarta dijual Rp 25.499.000 dan Rp 27.499.000 di Bali. Hanya saja, harga Niu di kedua daerah tersebut merupakan harga diskon akhir tahun.

Di atas Niu NQi Sport 35 dibanderol Rp 33.499.000 untuk Jakarta dan Bali Rp 35.499.000.

Namun untuk jarak jelajah, United Sport T1800 lebih jauh 0,5 km dibandingkan Niu NQi Sport 26.

Sementara dari segi desain, bisa dibilang T1800 mirip dengan desain skutik Jepang, dengan sudut-sudut tajam. Sedangkan Niu NQi Sport 26, desain berciri khas skuter Eropa, seperti model-model Vespa.

 

 

1 dari 2 Halaman

United Sport T1800

United Sport T1800 tampak depan dan belakang

United Sport T1800 sedikitnya menawarkan 10 keunggulan. Pertama, dia sudah dipasangi panel display full digital, lalu punya speaker dengan koneksi Bluetooth untuk audio ataupun radio.

Sudah dipasangi lampu LED, operasional motor ini simpel dengan adanya tombol start/stop tanpa anak kunci (keyless).

Punya pula USB port untuk charger ponsel atau sebagai device USB data audio, T1800 punya 3 speed mode. Mode ini dilengkapi tombol one click overtaking sebagai mode sport untuk mempermudah saat menyalip/menyusul. Ia juga punya mode mundur.

Motor ini juga punya mode turbo. Fungsi turbo sebagai tambahan untuk kebutuhan menyalip di luar peran speed. Bahkan penerapan fitur untuk menyalip ini bisa difungsikan di speed 1.

Disertai alarm, T1800 memilliki sakelar panel sebagai sakelar daya utama yang merupakan fitur keamanan kendaraan pada posisi parkir/berhenti.

Cut off energi motor terdapat pada kick stand dan rem tangan kiri atau kanan sehingga lebih aman saat parkir ataupun berhenti.

Suspensi dual shock diklaim lebih stabil saat menikung dan kecepatan tinggi, ban depan-belakang tubeless dengan diameter 12 inci, rem cakram depan dan belakang, serta dipasangi pula swing arm.

Satu lagi, dia punya Racer Sound Mode. Ini akan memberikan sensasi berkendara motor listrik dengan suara motor balap.

T1800 berarti daya mesinnya 1800 Watt, yakni BOSCH 60V1800W. Ia menggunakan baterai lithium 60V 28Ah yang dalam kondisi penuh 100% dapat digeber hingga 70 km/jam dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata 50- 60 km/jam pada mode kecepatan normal.

2 dari 2 Halaman

Niu NQi Sport 26

Niu NQi Sport 26 tampak samping depan - belakang (Niu)

Bagaimana dengan Niu NQi Sport 26? Motor listrik Italia ini juga punya fitur unggulan yang tidak kalah canggih.

Niu NQi Sport 26 diperkuat koneksi teknologi IoT antara sepeda motor dan aplikasi. Motor berdesain ringkas dan praktis ini diperkuat oleh motor rate Bosch dengan kekuatan mulai 1.500WB hingga 1.00WB, mampu membawa pengendara sejauh 55 Km per jam.

Kecepatan dan kekuatan kendaraan ini bisa diadu dengan sepeda motor konvensional dengan 125-159cc.

Baterai seberat 11 kg dapat dilepas untuk mengisi baterai sepeda motor listrik, sama seperti mengisi baterai ponsel atau laptop.

NQi Sport dapat terhubung ke smartphone. Semuanya dari memonitor baterai hingga histori GPS, aplikasi NIU menjaga pengendara agar tetap terhubung dan up-to-date dengan keberadaan dan kondisi motor NQi.

Aplikasi ini menyediakan sistem anti-pencurian yang memperingati pengendara saat motornya dipindahkan. Dengan GPS, pengendara bisa melacak posisi sepeda motornya secara real-time.

NQi memiliki kontrol perjalanan, parking assistant, dan sistem alarm keamanan berbasis sensor, serta fitur-fitur pintar lainnya.

Sepeda motor ini dilengkapi dengan remote control untuk mencari lokasi motornya di dalam kegelapan. Saat ditekan, lampu motor akan menyala dan motornya juga akan mengeluarkan suara.

Dengan selisih Rp 1,5 juta, yang satu buatan lokal dan satu impor, serta masing-masing punya sederet fitur unggulan, mana pilihan Anda?

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami