Berbeda Dengan ABS, Begini Mekanisme dari 'EBS' pada Truk

Sama-sama sistem pengereman, tapi EBS punya mekanisme yang agak lain dengan ABS. Simak dulu Gengs!

Selasa, 22 Agustus 2017 15:15
EBS (foto: Youtube MAN truck and bus)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Redaksi otosia cukup yakin bahwa sebagian besar otolovers disini paham dengan kinerja dari ABS atau anti-lock braking system. Sistem pengereman ini mencegah mobil maupun motor untuk mengalami over-brake yang kemudian bisa berujung pada kecelakaan.

Tapi lain halnya dengan ABS, sistem pengereman yang berbeda ada pada EBS alias elektronic braking system, yang cukup lazim dipergunakan pada truk. Selain itu, truk yang menggunakan sistem pengereman ini biasanya bekerja pada Medan berat dan berlumpur.

Tujuan penggunaan elektronik braking sistem akan berbeda dengan anti lock braking system, dimana electronic braking system akan berusaha membuat ban truk di beberapa kasus untuk berhenti seketika, supaya tidak mengalami selip.

Selain itu, sistem pengereman elektronik juga bisa mengurangi sudut tikungan yang akan dilewati oleh truk. Karena besarnya sudut tikungan yang dilewati oleh truk, biasanya terjadi karena ketidakseimbangan antara alur ban kanan dan kiri.

Saat pengereman elektronik diaktifkan, maka yang berputar hanyalah ban sebelah saja. Sementara disisi lain, akan meminimalisir putaran supaya truk bisa berputar dengan sudut yang sekecil mungkin. Untuk lebih lengkapnya mari ditonton video berikut!

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami