Berbagi Mesin Yang Sama, Bagaimana Bisa Suara Aston Martin Berbeda Dari AMG GT?

Meskipun memiliki mesin yang sama, suara yang dihasilkan oleh Aston Martin DB11 V8 dan Mercedes-Benz AMG GT terasa berbeda.

Kamis, 05 Oktober 2017 21:45
Foto: Aston Martin
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Produk terbaru dari Aston Martin, DB11, sudah hampir pasti menjadi mobil andalan pabrikan mobil mewah asal Inggris tersebut.

DB11 menandakan era baru dari desain Aston Martin yang menyajikan perjalanan luar biasa penuh estetika. Ia hadir melanjutkan ikon-ikon Aston Martin sebelumnya, seperti DB2/4, DB5, dan terakhir DB10 yang hanya dibuat khusus untuk James Bond.

Untuk saat ini, tahap pengembangan Aston Martin DB11 yang mengusung mesin V12 sudah rampung dan tinggal menunggu proses pengiriman.

Namun, menariknya, muncul sebuah Aston Martin DB11 yang memiliki mesin twin-turbo V8 4.0 milik AMG yang biasanya dapat ditemukan pada Mercedes-Benz AMG GT.

Hanya saja, meskipun memiliki mesin yang sama, suara yang dihasilkan oleh Aston Martin DB11 V8 dan Mercedes-Benz AMG GT terasa berbeda. Apa yang membedakan?

Pada dasarnya, mesin ciptaan AMG itu memiliki karakteristik yang berat pada bass dan frekuensi suara yang cukup rendah, sehingga suaranya hanya bisa lebih keras, namun nada suaranya sama saja.

Sebagai produsen mobil mewah yang ikonis, Aston Martin rupanya belum puas dengan nada yang datar milik AMG, sehingga insinyur terbaik Aston Martin harus putar otak agar lebih eksotis ketimbang Mercedes.

Akhirnya, dapur pacu yang dirakit di Jerman tersebut diberi lebih banyak asupan udara, serta memberi komponen sistem exhaust yang berbeda.

Hasilnya, Aston Martin DB11 bermesin V8 pun memiliki nada suara yang lebih variatif, sekaligus memberikan sensasi berkendara yang lebih serupa dengan DB11 V12.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami