Berapa Lama Kadaluarsa Ban?

Sebaiknya berhati-hati ketika membeli ban, pasalnya ban itu sendiri memiliki masa kadaluarsa meski tak pernah dipakai.

Senin, 16 Januari 2017 18:15
Ban Pilot Sport (foto: Hafid)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Terdapat berbagai kriteria yang harus diperhatikan saat membeli ban. Ban baru yang diproduksi pada tahun lama biasanya ditawarkan dengan harga yang cukup murah.

Sebaiknya berhati-hati ketika membelinya, pasalnya ban itu sendiri memiliki masa kadaluarsa meski tak pernah dipakai. Seperti yang dikatakan Refil Hidayat selaku PDP Segment Manager PT Michelin Indonesia saat ditemui di peluncuran Michelin Pilot Sport 4 di Bandung, Sabtu (14/01).

"Kalau rekomendasi kami dari Michelin, ban itu masa kadaluarsanya 10 tahun apabila tidak digunakan atau disimpan terus ya. Kalau dipakai ya tergantung kondisinya atau sudah mencapai Tread Wear Indicator (TWI)," ucap Refil.

Mengapa ban memiliki masa kadaluarsa meski tak pernah dipakai? Seiring waktu, karet pada ban akan mengalami degradasi akibat kondisi lingkungan yang mempengaruhi fleksibilitas atau mengeras. Ketika ban dalam kondisi tersebut digunakan, dapat dipastikan dalam waktu yang tak lama kerusakan akan terjadi.

"Kalaupun disimpan, tergantung juga dari cara mereka menyimpannya. Benar tidak cara menyimpannya. Karena cara menyimpan yang salah berisiko merubah struktur ban itu sendiri. Yang pasti dari Michelin lewat dari 10 tahun itu sudah kadaluarsa," jelas Refil.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fid/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami