Beragam Aksi Nekat Pemudik Saat COVID-19, Ada yang Sembunyi di Tumpukan Kerupuk

Berikut beberapa aksi pemudik yang nekat saat pandemi corona, walau sudah dilarang.

Selasa, 05 Mei 2020 16:45
Beragam Aksi Nekat Pemudik Saat COVID-19, Ada yang Sembunyi di Tumpukan Kerupuk potret pelanggaran PSBB. Liputan6.com

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Seperti diketahui Corona (COVID-19) masih terus menyebar di Indonesia. Untuk menekan penyebaran virus tersebut, Pemerintah pun secara resmi melarang mudik Lebaran tahun ini.

Meskipun demikian, masih saja ada beberapa orang yang nekat melakukan perjalanan mudik dengan ide-ide yang ada-ada saja. Sayangnya, berakhir sia-sia, karena pemudik yang nekat ini ketahuan dan diminta putar balik oleh petugas penjaga di perbatasan kota.

Aksi nekat mudik yang dilakukan masyarakat ini mulai dari sembunyi di tumpukan kerupuk, hingga menggunakan jasa towing. Dilansir dari Merdeka.com, berikut beberapa aksi pemudik yang nekat saat pandemi corona, walau sudah dilarang.

1 dari 6 Halaman

Sewa Jasa Towing

Tidak kehabisan akal, pemudik satu ini nekat menyewa sebuah towing untuk mengangkut mobil dengan ditutupi terpal. Pemudik ini berharap dapat mengelabuhi petugas yang berjaga, namun sayangnya aksi ini diketahui oleh petugas keamanan Kota Semarang.

"Akal-akalan untuk bisa mudik. Memang orang Indonesia itu banyak akal. Mobil diangkut pakai towing, eh penumpang mudik nya ngumpet dalam mobil yang diangkut. Ketauan deh..hehehe," tulis akun Instagram @SemarangTalks.

2 dari 6 Halaman

Nekat Naik Truk Kontainer

Kamis (30/4/2020), aksi pemudik yang nekat ketahuan. Pemudik ini nekat menumpang dalam truk kontainer diketahui oleh petugas yang berada di check point penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tangerang.

Sebanyak tuju pemudik yang hendak menuju Rangkas Bitung, Lebak, Banten, dicegat. Dan, akhirnya truk kontainer harus putar balik.

"Ya benar. Pelanggaran ini ditemukan pada saat penerapan PSBB hari ke 11, Selasa, 28 April lalu, Jelas tidak boleh melintas dan harus putar balik. Para penumpangnya pun diberi imbauan," ucap Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Ade Ary, dilansir dari Liputan6.com.

3 dari 6 Halaman

Sembunyi dalam Bak Truk yang Ditutupi Terpal

Sejak larangan mudik mulai diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia, para petugas keamanan baik polisi, TNI, Satpol PP dan DISHUB mulai memperketat penjagaan di setiap pos perbatasan. Namun, masih ada saja para pemudik yang masih nekat, seperti menumpang di bak truk lalu ditutupi terpal. Alih-alih mengelabuhi petugas, pemudik ini malah ketahuan.

"Kemarin (pagi) kita tangkap 1 (truk) di Cikarang Barat, itu dia bawa penumpang isinya 6 orang. Truk yang didesain sedemikian rupa digunakan untuk mengangkut penumpang. Jadi, truk itu dipakaikan terpal seolah-olah mengangkut barang tetapi angkut penumpang," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

4 dari 6 Halaman

Naik Mobil Bok

Dalam salah satu unggahan video di akun instagram @lampunginfo24jam, terlihat sebuah mobil boks berwarna silver mengangkut dua belas orang yang hendak menuju ke Jawa Timur. Sebelum melewati Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Lampung mobil tersebut dihentikan oleh petugas kepolisian setempat.

"Terciduk truck membawa 12 penumpang saat diperiksa kepolisian di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Bakauheni, Lampung Selatan. Penumpang disuruh turun dari truck tersebut dan diberi nasihat oleh polisi," tulis akun tersebut.

5 dari 6 Halaman

Sembunyi dalam Bak Truk Lengkap dengan Mobil

Sebuah mobil truk terlihat mengangkut mobil berwarna silver gelap lengkap dengan barang bawaan. Boks truk ini ditutup menggunakan terpal berwarna hitam. Ternyata, di dalam mobil tersebut ada pemudik yang nekat. Aksi nekat pemudik tujuan Lampung Timur ini akhirnya diketahui petugas.

Liputan6.com menyebut, kejadian ini diketahui oleh petugas TNI, Dishub, Sat Pol PP, Minggu (03/05/2020) saat hendak melintasi pos penyekatan dan pos check point Gerem Kota Cilegon.

6 dari 6 Halaman

Sembunyi di Tumpukan Kerupuk

Demi bisa mudik ke kampung halamannya, beberapa orang ini nekat naik mobil bak dengan modus membawa kerupuk. Ternyata di dalam bak yang ditutup dengan terpal berwarna biru ada beberapa orang yang bersembunyi.

Lantas pemudik asal Semarang ini pun diminta untuk putar balik oleh Pospam Gerem Bawah, Cilegon, Banten saat dipergoki nekat langgar aturan larangan mudik.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami