Benarkah Motor Matic Bikin Motor Bebek Tak Laku?

Motor matic atau skutik disebut-sebut perlahan menggerus pasar motor bebek di Indonesia.

Senin, 19 Agustus 2019 11:15
Benarkah Motor Matic Bikin Motor Bebek Tak Laku? Honda ADV150 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pasar motor Indonesia saat ini tengah dirajai oleh skuter matik (skutik). Bahkan, 5 motor terlaris di tanah air berasal dari segmen tersebut.

Berbagai pabrikan pun berlomba-lomba menghadirkan produk baru atau setidaknya menyegarkan motor yang telah menghuni segmen skutik. Salah satunya dilakukan Honda dengan merilis Honda ADV150 dan Honda Genio.

Hanya saja, muncul anggapan di masyarakat bahwa kehadiran skutik perlahan menggerus pasar motor bebek. Hal ini langsung diluruskan oleh Dede Hartono, Area Sales Head MPM.

"Sebenarnya bukan skutik ini makan pasar motor bebek, tapi tren. Pembeli sekarang maunya skutik dan mereka yang membuatnya begitu. Sekarang orang sedang demam skutik," ujarnya.

 

1 dari 1 Halaman

Sesuai Kebutuhan

Sesuai Kebutuhan

Pernyataan Dede bukannya tak berdasar. Ia menjelaskan bahwa banyak yang memilih skutik karena kepraktisannya dan sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

"Skutik sekarang enak, kalau macet nggak capek, terus ada bagasi besar. Jadi pembeli sudah tahu kebutuhan mereka, jadi jatuhnya (pilihan) ya ke skutik," tambah Dede saat ditemui tim Otosia.com di sela peluncuran Honda Genio (17/8).

Selain ergonomis, pergeseran tren dari motor bebek ke skutik pun tak terlepas dari teknologi yang ditawarkan. Berbagai motor matic kini telah memiliki beragam fitur kekinian, seperti USB power-socket, LED lighting, dan mesin yang lebih besar, 150 cc.

"Kadang itu orang pindah (dari bebek ke skutik) nggak cuma karena tren, tapi kayak naik kelas. Sekarang saya naik Honda Revo, ada uang lebih dan motor lama sudah berumur, saya putuskan pindah ke Honda PCX atau ADV150, misalnya, jadi dari 110 cc ke 150 cc, nanti bisa naik lagi ke Honda Forza" kata Dede sambil mencontohkan.

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami