Benarkah Mobil Formula 1 Dapat Berjalan Terbalik?

Meskipun banyak klaim yang menyatakan dapay berjalan terbalik, namun masih belum ada yang melakukannya.

Selasa, 04 April 2017 22:15
Foto: Pinterest
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Banyak mobil balap, terutama mobil Formula 1, diklaim sanggup berjalan terbalik, namun pada pengaplikasiannya terbukti sedikit rumit.

Secara teori, mobil Formula 1 atau mobil balap lainnya, memerlukan tekanan daya tekan ke bawah yang menyamai atau lebih besar dari berat mobil.

Dengan bentuk bodi mobil balap mirip dengan bodi pesawat, dengan bentuk bodi yang streamline dan landai maka gaya hambat udara diminimalisir, sehingga traksi mobil tidak banyak terkurangi daya hambat udara dan juga pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.

Selain itu, dengan bentuk bodi yang aerodinamis, gaya samping dan momen yang terjadi pada mobil terkendali lebih baik, sehingga stabilitas mobil tetap baik dan aman saat mobil berkecepatan tinggi seperti pada perubahan kecepatan, pengereman, jalan belok, jalan naik-turun dan berbagai manuver lainnya.

Yang membedakan dengan pesawat, kecepatan mobil semakin cepat maka daya angkat yang terjadi pada bodi mobil harus diminimalisir dan memaksimalkan daya tekan ke bawah atau downforce sehingga ban selalu menapak kuat pada jalan.

Namun, sayangnya ada beberapa hal yang menghambat agar mobil dapat berjalan terbalik. Diantaranya adalah tidak ada fasilitas dengan atap yang yang cukup rata dan luas, disamping sistem mekanis mobil yang tidak dirancang untuk berjalan terbalik.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami