Benarkah Honda Scoopy 2018 Lebih Nyaman Ketimbang Model 2020?

All New Honda Scoopy 2020 dibekali dengna rangka baru, eSAF yang membuatnya lebih ringan. Selain itu, Honda Scoopy juga mendapat beberapa ubahan seperti desain, mesin, dan penambahan fitur baru juga.

Senin, 30 November 2020 17:45
Benarkah Honda Scoopy 2018 Lebih Nyaman Ketimbang Model 2020? Test Ride All New Honda Scoopy 2020 (Otosia.com/Dini A Tyas)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Honda sudah meluncurkan generasi terbaru Honda Scoopy. Berstatus all-new, Scoopy 2020 banyak berubah, mulai desain, tambahan fitur, hingga rangka baru yang dipakai.

Tapi benarkah bahwa Honda Scoopy 2018 lebih nyaman dikendarai ketimbang model terbaru?

"Itu karena sudah terbiasa," jawab Area Sales Head MPM Honda Jatim, Dede Hartono saat peluncuran All New Honda Scoopy 2020 di Kota Malang.

1 dari 3 Halaman

Lebih Ringan 8 Persen

Lebih Ringan 8 Persen

Menurutnya, perubahan-perubahan besar yang dimiliki oleh Scoopy generasi kelima ini belum membuat orang-orang terbiasa. Pasalnya, loyalis Scoopy sudah terbiasa menggunakan motor bergaya retro itu dengan spesifikasi yang lama.

Kata Dede, sejak awal kemunculan Honda Scoopy, perubahan hanya diberikan tidak semenyeluruh saat ini. Contohnya pada mesin, yang seblumnya adalah karburator berubah menjadi Fi.

Hingga model 2018, Honda Scoopy masih menggunakan rangka tubular yang membuatnya terasa lebih berbobot. Sedangkan model 2020 menggunakan rangka eSAF yang membuat Scoopy memang terasa lebih ringan.

"Bobotnya sekarang lebih ringan 8 persen," kata Dede.

2 dari 3 Halaman

Mesin Lebih Besar

Mesin Lebih Besar

Honda Scoopy 2020 juga lebih ramping ketimbang model 2018 yang terkesan masih 'gemuk'. Maka tak heran jika model 2020 lebih lincah ketimbang model sebelumnya.

Ditambah lagi, mesin Honda Scoopy 2020 yang lebih besar. Rincinya, kapasitas mesin Honda Scoopy 2020 kini menjadi 109,05cc.

Dengan perpaduan itu, Scoopy memberikan rasa berkendara yang berbeda ketimbang model sebelumnya. Seperti tarikan yang lebih responsif dan lebih lincah saat dipakai bermanuver.

"Balik lagi, karena sudah terbiasa dengan model yang sebelumnya, dengan tarikan yang lebih berat, jadi diberi yang lebih ringan masih belum terbiasa," tegas Dede.

3 dari 3 Halaman

Stabil untuk Perjalanan Jauh

Selain itu, Scoopy 2018 diakui memiliki kestabilan yang apik di trek lurus saat kecepatan tinggi. Skutik retro Honda ini disebut memang didesain untuk perjalanan jauh. Maka tak heran jika Scoopy akan tetap nyaman untuk menempuh jarak jauh.

"Kalau mobilitasnya tinggi dan mau nyaman, juga mau dipakai untuk perjalanan jauh dan sehari-hari, Scoopy yang baru ini juga enggak kalah kok," kata Dede.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami