Belum Dijual, Berapa Durasi Sewa Honda PCX Electric?

Honda PCX Electric belum dijual bebas di pasar motor Indonesia, namun sudah bisa disewa oleh perusahaan.

Jum'at, 01 Februari 2019 18:15
Honda PCX Electric (Otosia.com/ Nazar Ray)
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi meluncurkan PCX Elctric di Jakarta kemarin (31/1). Hanya saja, sebagai tahap awal AHM belum berencana menjual, melainkan ditawarkan dalam sistem sewa. Penyewaannya pun menyasar perusahaan-perusahaan swasta maupun instansi pemerintah.

Untuk jangka waktu penyewaan pihak AHM menyebut 2-3 tahun dengan biaya sewa sekitar Rp 2 juta per bulan.

“Karena baru ini baru awal maka skema kami adalah bisnis penyewaan B to B, business to business terhadap perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan kendaraan operasional sebagai motor transportasinya,” kata Thomas Wijaya selaku Direktur Pemasaran AHM.

Dari periode penyawaan tersebut Honda akan mengevaluasi dan mempelajari masukan-masukan dari konsumen fleet setelah menggunakannya sebagai kendaraan operasional perusahaan dalam setahun lebih.

“Terkait penyewaan, saat ini dipersiapkan untuk periode sampai 2-3 tahun. Jadi cukup panjang. Kenapa 2-3 tahun? Karena lebih dari setahun kita juga harapkan mendapatkan evaluasi dari konsumen kita, kita pelajari bersama . Bisa riset bersama, average jangkauannya berapa, kecepatannya, user habitnya seperti apa. Karena ini teknologi baru, mesin baru, tentu ini bisa menjadi studi kita atas perusahaan yang ingin mengendarai,” kata Thomas Wijaya.

Namun untuk biaya perawatannya Honda menawarkan skema include dan exclude maintenance, bergantung pada konsumen yang menyewa.

Untuk metode pengecasan Honda mempermudah dengan dua metode pengisian daya listrik, yakni off â€"board charging dan on-board charging

“Jadi konsumen B2B bisa melakukan charging langsung, konek ke colokan listrik biasa, atau jika ingin menggunakan swaping mereka bisa melakukan penyewaan untuk swaping battery chargernya,” jelas Thomas.

Sebagai langkah awal pihak Honda akan menyiapkan 5 lokasi slot pengisian daya listrik di beberapa tempat di Jakarta. “Sementara baru di Jakarta karena kebanyakan lokasi government ada di Jakarta,” ujarnya.

Honda PCX electric dibekali dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack. Dengan baterai ini PCX listrik mampu melaju hingga hingga 69 km dalam sekali pengisian penuh.

Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging dan on-board charging. Dengan kata lain mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi (swap system) atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board.

Motor listrik ini menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial.

Honda PCX Electrix menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah, dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm @500 rpm.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/nzr/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami