Belajar Nyetir Mobil 4x4, Pahami Fungsi Tuasnya

Mobil berpenggerak empat roda memang lebih nyaman dipakai di medan off-road. Tapi cara mengemudikan mobil ini juga tak semudah mobil berpenggerak dua roda.

Sabtu, 17 Agustus 2019 08:15
Belajar Nyetir Mobil 4x4, Pahami Fungsi Tuasnya New Mitsubishi Triton (Otosia.com/Nazaridin Ray)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mobil 4x4 diandalkan sebagai jenis khusus untuk melalui medan yang berat. Pada saat itu, keempat roda sama-sama punya daya untuk bergerak. Berbeda dengan mobil kota yang hanya mengandalkan gerak dua roda.

Fungsi 4x4 sendiri sudah tertanam di Mitsubishi New Triton, pickup yang secara penjualan jadi juara di kelasnya.Lantas seperti apa cara menyetirnya? Yang perlu diketahui adalah sistem gerak tuas khusus 4x4 yang diistilahkan 4H dan 4L.

"Kalau L, tenaga yang dia salurkan ke roda depan 50, ke roda belakang 50. Yang dia utamakan itu torsi, bukan kecepatan," ujar Instruktur Mitsubishi, Bei, yang mendampingi otosia menjajal Triton HDX 4x4 di medan offroad BSD, Serpong.

Perlu diketahui, L pada 4L berarti empat roda bergerak dengan rasio gigi rendah atau 'Low Range'. Ini artinya mobil sangat mengutamakan torsi dalam kondisi medan yang mengharuskan kendaraan merayap.

 

1 dari 2 Halaman

Cara Agar Tak Over Power

Cara Agar Tak Over Power

Tapi pada sistem 4x4, ada pula pengaturan agar gerak mobil lebih cepat jika kondisi jalannya memungkinkan.

"Kalau mau kecepatan, dia pakainya 4H (H untuk H Range). Perbedaannya, kalau 4L maskimal kecepatannya 50 km/jam," urainya.

Dalam kondisi ini, mesin mobil haruslah meraung di kisaran putaran mesin 2.000 rpm. Putaran di level ini sudah cukup untuk memberikan daya gerak yang memadai tetapi tidak over-power.

"Powernya akan enak-enaknya pas di 2.000 rpm. Tapi yang dibutuhkan adalah traksi. Jadi kalau kejar power, yang terjadi malah over power, sliding. Rpm tetap di 2.000. Kalau mau cepat, pindah gigi saja, tetapi rpm tetap 2.000," kata dia.

 

2 dari 2 Halaman

Varian Mitsubishi Triton

Varian Mitsubishi Triton

Dengan kemudi yang saat tes terasa gampang untuk dikontrol alias ringan, Mitsubishi sendiri memasarkan model 4x4 ini dengan banyak varian untuk New Triton, yakni ULTIMATE, EXCEED, GLS, dan GLX dan sebagiannya masing-masing memiliki pilihan single dan double cabin.

Harganya mulai dari Rp 333.000.000 untuk Triton HDX MT Single Cab 4WD hingga Rp 480.500.000 untuk New Triton ULTIMATE AT Double Cab 4WD.

(kpl/nzr/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami