Beginilah Kinerja Suspensi Truk Double Cabin

Mau tahu bagaimana suspensi dari truk bisa mereduksi beban beratnya terhadap as dan rangka? Ini dia videonya.

Jum'at, 17 Februari 2017 20:30
Suspensi RAM (foto: Engineering Explained)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Suspensi pada kodratnya memiliki fungsi sebagai peredam getaran dan peredam goncangan dari beban yang ditanggung oleh mobil atau motor. Selebihnya, stabilitas dari kendaraan juga ditentukan seberapa bagus suspensi dari mobil atau motor tersebut.

Beberapa jenis suspensi diperkenalkan, seperti Suspensi Rigid, suspensi Strut bar, Shock absorber, Suspensi independen dan lain sebagainya. Penggunaan suspensi yang berbeda ditujukan untuk model kendaraan dan medium yang berbeda pula.

Dalam video Engineering Explained berikut ini ditunjukkan bagaimana suspensi dari Ram Power Wagon bekerja. Dari rekaman yang menggunakan GoPro tersebut tampak komponen-komponen suspensi secara lengkap dan terlihat jelas bagaimana mereka bekerja.

Komponen suspensi yang komplet terdiri dari ban, kaliper rem, spring, articulink, track bar. Satu sama lain berfungsi untuk menjaga agar getaran terhadap RAM Power Wagon tetap minim. Di lain sisi, track bar dipergunakan supaya getaran horizontal dari suspensi dan ban juga bisa diminimalisir.

Yang tidak didapatkan di mobil lain adalah, bahwa RAM Power Wagon adalah mobil double cabin yang bisa dipergunakan untuk keperluan offroad. Mobil ini diinstal perangkat bernama jounce bump untuk menghindarkan kontak antara frame dan axle mobil saat ada beban ekstra berlebihan. Simak videonya, Otolovers!

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami