Begini Ternyata Cara Antilock Brake System Bekerja!

Bila di motor atau mobil ada fitur ABS pengeremannya, maka ini dia maksud dari fitur tersebut buat keamanan si pengendara!

Senin, 13 Februari 2017 22:15
ABS (foto: MUGEN)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kendaraan-kendaraan dengan tahun kelahiran modern umumnya sudah memastikan bahwa sistem pengamanan mereka mumpuni dan bisa dihandalkan oleh pengemudinya. Satu kebutuhan mutlak bahwa keamanan akan mereduksi kemungkinan kecelakaan.

Salah satu fitur yang paling disorot beberapa bulan belakangan adalah keberadaan ABS atau Antilock Brake System. Jika dibahasa-Indonesiakan bisa berarti Sistem Anti-Terkunci pada Pengereman. Fungsinya untuk meminimalisir hilangnya kendali saat mengerem kendaraan.

Antilock brake system sudah ditanamkan di banyak mobil, dan motor buatan tahun 2010 ke atas. Lantas bagaimana cara kerjanya? Berbeda dengan kaliper rem biasa, ABS menghindarkan kaliper untuk mengerem secara mutlak dengan tekanan konstan.

ABS membuat kaliper dan kampas rem untuk menekan cakram rem dengan ratusan kali tekanan yang bergantian. Sehingga menghindarkan mobil atau motor untuk kehilangan kendali. Untuk lebih sederhananya, mari disimak video berikut ini, Otolovers!

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami