Begini Tata Cara Salat Wajib Ketika di Kendaraan dan Alam

Berikut tata cara salat wajib di kendaraan dan di alam

Rabu, 22 Januari 2020 17:15
Begini Tata Cara Salat Wajib Ketika di Kendaraan dan Alam Ilustrasi salat di alam (Merdeka.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Dalam kondisi seperti apapun, setiap umat muslim wajib lakukan salat lima waktu. Beragam aktivitas yang dilakukan pun tidak bisa jadi alasan untuk meninggalkan ibadah ini.

Saat berpergian jauh dan berada di kendaraan, salat tak menjadi penghalang. Hal ini karena salat bisa dikerjakan walau tengah di dalam kendaraan. Begitu juga ketika tengah berlibur di pantai atau alam yang sulit menemukan tempat ibadah, salat bisa dilaksanakan.

Namun lebih dulu harus mengetahui tata cara salat wajib di kendaraan dan di alam. Nabi Muhammad SAW juga pernah menunaikan salat di atas onta dan tidak menghadap kiblat.

Dalam sebuah hadits, Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhu mengatakan, "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat sunah di atas kendaraan tanpa menghadap kiblat". HR. Bukhari 1094.

Berikut tata cara salat wajib di kendaraan dan di alam dari berbagai sumber:

1 dari 4 Halaman

Syarat Dibolehkannya Salat di Kendaraan

1. Tidak memungkinkan menghentikan laju kendaraan, sementara dirinya khawatir akan terlewat waktu untuk salat wajib. Kekhawatiran tertinggal waktu salat fardhu yang sebentar, seperti maghrib. Hingga keburu bebarengan dengan salat isya.


2. Tidak ada tempat pemberhentian yang layak dan aman untuk salat. Seperti di dalam pesawat atau kapal kecil.


3. Jika tidak menemukan air untuk bersuci, tayamumlah. Kecuali jika di kereta Anda menemukan toilet dengan wastafel untuk wudhu yang bersih, bisa digunakan.

2 dari 4 Halaman

Tata Cara Salat Wajib di Kendaraan

Syaikh Musthafa Al Adawi juga ditanya mengenai shalat ketika di mobil (termasuk bus dan semacamnya) beliau menjelaskan caranya: Jika anda bersafar untuk jarak yang jauh dan tidak memungkinkan untuk berhenti, shalatlah sambil duduk.

Karena Nabi Shallallahualaihi Wasallam bersabda: Salatlah sambil berdiri, jika tidak bisa maka sambil duduk, jika tidak bisa maka sambil berbaring HR. Al Bukhari 1117.

Kecuali jika Anda bepergian menggunakan kapal feri atau sejenisnya yang menyediakan tempat wudhu dan mushola. Sebaiknya salatlah di tempat tersebut, tidak perlu memanjakan diri berlebihan.

Sebaiknya salat menghadap arah kiblat, namun jika tidak memungkinkan menghadap kiblat, Anda bisa shalat dengan menghadap sesuai arah kendaraan. Layaknya kapal yang memiliki mushola, pasti arah kiblatnya selalu ke depan. Padahal perjalanan kapal bisa saja berbelok dan lurus tergantung tujuan dan arah angin.

3 dari 4 Halaman

Tata Cara Salat Wajib di Alam

Sebagai seorang backpacker pasti ada kalanya mendapatkan waktu salat wajib di tempat tidak terduga. Acapkali ketika melakukan perjalanan ke luar negeri dengan minoritas Islam, pasti sulit menemukan masjid atau tempat ibadah.

Pastikan Anda selalu membawa sajadah kecil dan ringan, khusus untuk bepergian. Membawa kain untuk menutup aurat, jika tidak menggunakan jilbab bisa dengan jaket, memakai kaus kaki, menutup bagian celana ketat dengan jaket atau kain juga, dan sebagainya.

Pilihlah tempat yang sekiranya bersih, terhindar dari najis kotoran binatang, dan memungkinkan untuk salat. Bisa Anda gunakan bawah pohon taman yang sepi, tanah bersih di hutan, dan pasir pantai.

4 dari 4 Halaman

Arah Kiblat

Jika Anda tidak membawa kompas sebagai penunjuk kiblat, gunakanlah matahari dan bintang sebagai petunjuk arah. Semisal tetap tidak memungkinkan karena malam hari yang tertutup mendung, salatlah menghadap arah manapun yang Anda yakini.

Allah berfiman dalam Al-Quran, surat al-Baqarah (2) ayat 286 : Allah tidak membebani satu jiwa kecuali sebatas kemampuannya.

Salat Anda Insyaa Allah akan tetap diterima oleh Allah sebagai amal sholeh (Wallahualam).

Nah, itu tadi tata cara salat wajib yang bisa Otolovers lakukan ketika di kendaraan dan di alam. Ingat ya salah lima waktu wajib dilakukan dalam kondisi atau altivitas apapun. Semoga bermanfaat!

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami