Begini Rasanya Naik Trail Baru Kawasaki KLX 230

PT Kawasaki Motor Indonesia melepas motor off road andalan terbaru KLX 230. Di tengah masa pemasaran, Kawasaki menggelar tempat ride bagi media, Selasa (25/6).

Rabu, 26 Juni 2019 14:45
Begini Rasanya Naik Trail Baru Kawasaki KLX 230 Kawasaki KLX 230 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - PT Kawasaki Motor Indonesia melepas motor off road andalan terbaru KLX 230. Di tengah masa pemasaran, Kawasaki menggelar tempat ride bagi media, Selasa (25/6).

Berangkat dari Clique Kitchen and Bar di Gading Serpong, motor dijajal on road terlebih dahulu di kawasan Gading Serpong yang mulai padat lalu lintas.

Aspal khas perkotaan bisa jadi perwakilan termasuk buat gas pol di kisaran 80 km per jam. Dua-tiga tikungan tajam pun didapat. Namun, handling tetap stabil karena boleh dibilang mirip-mirip dengan KLX 150. Begitu juga dengan tingginya, dari tanah ke jok.

Tapi dengan mesin 233 cc, KLX 230 jelas lebih galak, khususnya di putaran bawah. Pasalnya, memang itulah tujuan Kawasaki membuat motor yang diproduksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara ini.

1 dari 1 Halaman

Lintasan Tanah

Lintasan Tanah

Beres dengan lintasan on-road di sekitaran Gading Serpong, KLX 230 pun digiring ke lintasan tanah. Sebagai sebuah trail, pastilah KLX 230 dibuat untuk habitatnya ini.

Pihak Kawasaki kemudian melakukan penyesuaian pada roda. Ban pun diganti dari yang tadinya sudah pakai semi-pacul untuk pemakaian dual-purpose menjadi ban yang memang untuk garuk tanah.

Salah satu peserta tes, Bro Ron dari DuniaMotor yang datang jauh-jauh dari gerainya di Cakung Jakarta Timur mengatakan motor ini menyenangkan buat dikendarai.

Rider yang juga memakai helm Sena Momentum Pro untuk membuat video dan komunikasi ini bilang KLX 230 cukup fun buat penggilas tanah pemula.

"Fun kok, fun banget buat beginner. Handling-nya oke. Tarikannya juga oke," kata rider yang juga memasarkan segala Kawasaki untuk wilayah Jakarta Timur dan Bekasi ini via DuniaMotor.

Satu yang menarik dari motor ini adalah joknya yang panjang termasuk hingga di area tangki bahkan didesain sejajar layaknya Kawasaki KX. Dengan begitu, motor yang dilepas dengan harga perkenalan mulai dari Rp39 juta sampai 30 Juni ini memungkinkan rider-nya pindah-pindah posisi maju mundur saat action.

Kelebihan lainnya ada di shock yang saat diam terkesan sangat empuk, tetapi rigid saat motor digeber. Tidak heran, motor ini memang dibuat untuk kebutuhan kota sekaligus bisa diajak main tanah saat weekend.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami