Begini Langkah Mengganti Aki Motor dengan Mudah, Simak!

Berikut ini cara mengganti aki motor. Simak selengkapnya!

Sabtu, 23 April 2022 14:30
Begini Langkah Mengganti Aki Motor dengan Mudah, Simak! Honda CB150R (Otosia)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Mungkin bagi sebagian orang mengganti aki motor merupakan hal yang cukup rumit untuk dilakukan sendiri. Namun, faktanya hal tersebut mudah untuk dilakukan meskipun di rumah tanpa perlu membawa ke bengkel. 

Akan tetapi pemasangan aki memerlukan konsentrasi yang tinggi agar tidak mengalami kesalahan. Setiap langkah harus benar-benar diperhatikan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mengganti  aki motor yang benar.

 

1 dari 5 Halaman

Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memasuki tahap untuk mengganti aki, ada baiknya jika Otolovers menyiapkan beberapa peralatan yang digunakan untuk melepas dan memasang aki tersebut. Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan. 

  1. Obeng minus

  2. Kunci pas 8mm

  3. Sarung tangan karet

  4. Aki siap pakai

2 dari 5 Halaman

Cara Mengganti Aki

Setelah peralatan di atas sudah terkumpul semua, barulah Otolovers dapat memasuki beberapa tahapan di bawah ini. 

  1. Pastikan Posisi Kunci Kontak Telah Mati

Agar tetap menjaga keamanan Otolovers pastikan kunci kontak pada posisi mati, karena hal tersebut berhubungan dengan kelistrikan. Jika tidak mati akan membahayakan keselamatan kalian.

  1. Buka Penutup Aki

Sebelum membuka penutup, pastikan kalian mengetahui posisi aki tersebut. Untuk motor matic, umumnya aki berada di step floor. Sedangkan untuk di motor lain posisinya berada di bawah jok.

3 dari 5 Halaman

  1. Lepaskan Baut Terminal Negatif

Setelah kalian mengetahui posisi aki, hal selanjutnya adalah melepas baut terminal. Yang perlu dilepas pertama kali adalah pada terminal negatif dengan kabel berwarna hitam. 

  1. Lepaskan Baut Terminal Positif

Setelah baut negatif terlepas, lanjutkan dengan melepas baut terminal positif yang berwarna merah. Kedua baut dari terminal tersebut harus disimpan secara baik-baik agar tidak hilang.

4 dari 5 Halaman

  1. Melepas Aki Lama dan Mengganti Dengan yang Baru

Setelah kedua baut terlepas, angkat aki yang lama dan pasang yang baru. Pastikan posisinya tidak terbalik agar pemasangan terminal mudah. Aki bekas sebaiknya langsung cepat dibuang, karena termasuk limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). 

  1. Pasang Baut Terminal Positif

Untuk memasang baut terminal, sebaiknya mendahulukan bagian positif. Biasanya untuk pembelian aki baru akan mendapatkan baut terminal baru juga. Disarankan untuk menggunakan baut ini karena kondisinya pasti lebih bagus dibanding yang lama. 

5 dari 5 Halaman

  1. Pasang Baut Terminal Negatif

Selanjutnya pasang baut terminal negatif. Kalian  juga bisa menggunakan baut yang baru untuk ini.

  1. Pasang Penutup Aki

Ketika sudah terpasang semua, yang terakhir adalah pasang kembali penutup aki. Cek kembali agar  tidak ada baut atau barang-barang kecil lainnya yang tertinggal di dalam rumah aki.

Demikian, cara mengganti aki motor yang dapat Otolovers lakukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

(kpl/ahm)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami