Begini Jadinya Ketika Fortuner Terobos Banjir Porong

Mobil Fortuner yang termasuk jenis SUV tersebut, tampak...

Selasa, 28 November 2017 16:45
Fortuner terobos banjir Porong (Facebook)
Editor : Rohimat Nurbaya
Reporter : Rohimat

Otosia.com - Banjir biasanya menjadi momok menakutkan bagi para pengendara mobil. Tetapi berbeda dengan pengendara Toyota Fortuner ini. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, ada sebuah Fortuner berwarna putih yang nekat menerobos banjir di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur.

Memang beberapa daerah di Pulau Jawa mengalami cuaca ekstrem selama beberapa hari belakangan. Akibatnya, banyak daerah yang terkena banjir, termasuk salah satunya di Sidoarjo ini.

Dalam video yang beredar, mobil Fortuner itu menerobos banjir setinggi satu meter yang menutupi semua badan jalan. Pengemudi tampak percaya diri menerobos genangan air yang menutupi seluruh badan jalan.

Mobil Fortuner yang termasuk jenis SUV tersebut, tampak tak kesulitan melibas banjir yang diperkirakan setinggi satu meter tersebut. Mobil berpostur bongsor itu mampu melalui kawasan banjir tanpa mogok.

Lihat videonya di bawah ini:

Pertama Dikenalkan

Toyota Fortuner diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada 2005. Kemudian Agustus 2007 mulai dipasarkan di Indonesia. Fortuner sendiri terdiri dari dua jenis, ada yang menggunakan bensin ada juga yang menggunakan mesin diesel.

Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem Common Rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Kijang Innova versi diesel.


Pada awalnya varian diesel ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, tetapi pada 2009 diluncurkan diesel bertransmisi otomatis. Untuk semua mesin diesel, termasuk yang digunakan Kijang Innova, diimpor dari Thailand sebagai pusat pengembangan mesin diesel Toyota di Asia Tenggara.

Sedangkan untuk semua mesin bensin dikembangkan di Indonesia sebagai pusat pengembangan mesin bensin Toyota untuk Asia Tenggara. Toyota Fortuner tersedia dalam berbagai macam varian: G M/T dan A/T, G Lux A/T dan V A/T. Variasi terendah G M/T menggunakan mesin diesel 2.500 cc D-4D, transmisi manual dan penggerak roda belakang.

Diikuti dengan G A/T bermesin 2.700 cc berkode 2TR-FE 2.7l VVT-i 4x2 bertransmisi otomatis. Selanjutnya G Lux A/T memiliki spesifikasi sama dengan G A/T dengan perbedaan pada jok kulit dan 6 in-dash cd changer.

Varian paling atas dan mewah adalah V A/T yang memiliki semua peranti G Lux dan satu-satunya model yang berpenggerak 4x4. Secara tidak resmi, ditawarkan juga dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand untuk pasar luar pulau Jawa seperti Kalimantan dan Sulawesi, tipe V dengan mesin 3.0 diesel.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/mat)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami