Begini Jadinya Jika Seniman Membuat Mobil

Nama merek Bugatti selalu identik dengan produknya yang eksotis. Wajar saja, mengingat sang pendiri berasal dari keluarga seniman.

Sabtu, 30 Januari 2016 23:15
Bugatti Type 57 C (c) carconnection
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Ettore Bugatti, lahir dari klan seniman Bugatti asal Milan, Italia, lahir pada tanggal 15 September 1881. Tak banyak yang mengetahui bahwa Ettore merupakan saudara dari Rembrandt, seniman pemahat patung terkemuka di Dunia. Namun, Ettore lebih memilih sistem permesinan dan kemudian pindah ke Perancis.

Selama bertahun-tahun selama Reformasi dan Kontra-Reformasi para uskup atau keuskupan agung Strasbourg tinggal di kota kecil bernama Alsace.

Pabrik saat ini hanya mencakup sebagian kecil dari daerah asli, dimana sampai 1200 pekerja yang digunakan untuk merakit Bugatti model klasik. 

Sebuah bangunan sederhana dan dua gedung pelatihan direkonstruksi dengan fasilitas lengkap. Kebun kaca dan pintu gerbang pabrik tua tetap tidak berubah, saksi bisu dalam era Ettore Bugatti.

Di Molsheim juga terdapat museum untuk merayakan kemenangan balap mobil dan berevolusi dari seorang seniman dan pengusaha yang dihormati dan menjadi seorang legenda.

Dan di sini bahwa cerita dari salah satu merek terbesar di dunia mobil berhenti untuk sementara. Dimana tradisi rekayasa teknologi digabungkan dengan standar estetika yang tinggi yang dimulai dengan Ettore Bugatti kini dilanjutkan dengan dimulainya produksi pada tahun 2016.

Bugatti Veyron

Pada tahun 1998, Volkswagen AG memutuskan untuk menghidupkan kembali merek Bugatti mobil legendaris, membeli semua hak merek dagang, dan tahun berikutnya Bugatti Automobile SAS didirikan pada Molsheim, Alsace, sebagai anak perusahaan Volkswagen.

Pada awal tahun 1998, Volkswagen memperkenalkan prototipe pertama Bugatti pada Paris Auto Salon yaitu Bugatti EB 118, sebuah coupe dua pintu dengan 555 tenaga kuda yang dirancang oleh Italdesign.

Di ikuti oleh produk lain Italdesign, Bugatti EB 218, sebuah limusin empat pintu yang dipresentasikan pada Geneva Auto Salon pada tahun 1999.

Pada Pameran Mobil Internasional di Frankfurt pada musim gugur tahun itu, Volkswagen memperkenalkan Bugatti Chiron 18,3, dinamai dari pembalap terbesar Bugatti dari era setelah perang dunia. 

Bugatti Veyron pertama kali ditampilkan di Tokyo Motor Show. Baik Chiron dan Veyron tersebut dikembangkan oleh tim desain Volkswagen AG dipimpin oleh Warkuss Hartmut.

Pada tahun 2001, Volkswagen memutuskan untuk memulai produksi serial super-sportscar Veyron, yang resmi namanya "Veyron 16.4".

Pada musim gugur 2004, setelah renovasi markas Bugatti tradisional di Château Saint Jean selesai dan studio perakitan baru dibangun, Bugatti SAS memulai produksi Veyron pertama.

Sekitar 80 mobil dirakit setiap tahunnya dan kebanyakan dari mobil tersebut dijemput langsung dari Molsheim oleh pemilik baru mereka.

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami