Begini Cara Penggunaan Let It Flo untuk Bayar Tarif Tol Tanpa Berhenti

Bayar tol tanpa berhenti sudah diuji coba sejak akhir 2018

Selasa, 23 Maret 2021 08:15
Begini Cara Penggunaan Let It Flo untuk Bayar Tarif Tol Tanpa Berhenti Pengendara melintas memasuki gerbang tol transaksi non tunai di pintu masuk tol ruas Tangerang, Banten, Rabu (17/7/2019). Pembayaran tarif tol nantinya akan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berupa aplikasi FLO yang tertempel pada kendaraa

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Jalan tol sudah banyak dibangun dan teknologi pendukungnya pun mulai diterapkan. Salah satunya adalah membayar tol tanpa harus menghentikan kendaraan.

Sistem ini sendiri sudah diuji coba PT Jasa Marga, yaitu bayar tol nirsentuh dan tanpa berhenti, berbasis voucher elektronik, dengan menggunakan stiker berteknologi RFID.

Teknologi ini dinamai FLO atau lebih dikenal dengan 'Let It Flo'. Untuk pengujiannya sendiri diawali di Jalan Tol Bali Mandara pada akhir 2018 lalu.

Uji coba terbatas Let it Flo di Jalan Tol Bali Mandara ini juga didukung dengan kerja sama secara Business to Business (B2B) dengan Blue Bird, BUMN di Wilayah Bali, BUMD, Pemerintah dan komunitas setempat.

1 dari 2 Halaman

Berdasarkan data yang dikirimkan PT Jasa Marga, dengan menggunakan let it flo, pengguna tidak perlu menghentikan kendaraan saat melewati gerbang tol. Untuk alasan keamanan, kecepatan maksimum ditentukan antara 10 - 20 km/jam.

Penggunaan sistem ini juga mudah, cukup sikronisasi RFID ke aplikasi Let It Flo dan beli voucher tol, dan aplikasi sudah siap digunakan. Isi ulang voucher juga lebih mudah, karena bisa dengan smartphone.

2 dari 2 Halaman

Pengelolaan akun

Dengan teknologi ini, pengelolaan akun, top up voucher, dan pengecekan riwayat setiap transaksi sangat mudah dilakukan melalui Aplikasi Let it Flo yang tersedia di Google Play dan AppStore. Hal ini ke depannya juga dapat berpengaruh dan memberikan manfaat dalam mengurangi antrian di gerbang tol.

Berdasarkan data Jasa Marga, sampai saat ini, perluasan uji coba terbatas Let It Flo ini tersedia di 50 titik di gerbang-gerbang tol di wilayah Jabotabek (Jalan Tol Dalam Kota, JORR, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek) serta 3 titik gerbang-gerbang tol (Ngurah Rai, Nusa Dua, Benoa) di Jalan Tol Bali Mandara. Hingga saat ini pengguna Let It Flo berjumlah sekitar 6.000 users.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami