Begini Cara Mengendarai Motor Sport Berfairing dengan Benar

Mengendarai motor sport berfairing dengan jenis roda dua lainnya tentu berbeda. Menjaga postur riding dan pemakaian safety gear yang tepat membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

Senin, 06 September 2021 09:15
Begini Cara Mengendarai Motor Sport Berfairing dengan Benar Ilustrasi mengendarai motor sport berfairing (Otosia.com/Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mudah dikendarai dan simpel, membuat motor matic menjadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Pasar roda dua di Indonesia didominasi motor jenis ini. Namun dalam beberapa tahun terakhir, pasar motor sport ikut tumbuh, bahkan sudah menggusur jenis bebek.

Jika skutik mudah dikendarai, tinggal gas tanpa menekan kopling, maka mengendarai motor sport berfairing sangat berbeda.

Karena punya karakter yang khas, pengguna motor sport fairing perlu memperhatikan beberapa hal agar nyaman dan aman saat dikendarai.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipahami ketika naik motor sport berfairing:

1 dari 4 Halaman

Postur riding

1. Riding posture harus mengikuti karakter sepeda motor, rileks dan senatural mungkin agar lebih mudah untuk melakukan handling dan menjaga kestabilan motor.

2. Posisi tangan mengikuti kontur stang dengan pergelangan dan siku menyudut. Posisi tangan yang lurus lebih susah menghandlingnya.

Sementara posisi kaki mendekap body motor (knee grip). Hindari kaki yang mengangkang, karena akan membuat kestabilan berkurang. Posisi punggung atau bahu rileks karena posisi setang rendah, dan badan disarankan sedikit membungkuk.

2 dari 4 Halaman

3. Namun posisi badan bisa berubah menyesuaikan kondisi pengoperasian sepeda motor. Jika saat berakselerasi, badan agak disarankan lebih membungkuk dan bila melakukan pengereman badan dibuat agak tegak. Ini akan membuat pengendalian lebih stabil.

Saat berbelok, badan segaris lurus dengan motor (lean with the bike). Cara ini lebih aman karena berkendara di jalan raya.

3 dari 4 Halaman

Safety gear

1. Untuk perlindungan maksimal dianjurkan memakai helm full face standard SNI dan ukuran yang pas di kepala.

2. Gunakan jaket dan celana tertutup saat berkendara, termasuk protector tangan dan kaki.

4 dari 4 Halaman

3. Gunakan sarung tangan khusus untuk berkendara yang menutupi semua bagian tangan dan jari agar saat mengoperasikan gas, rem dan kopling lebih maksimal.

4. Pakailah sepatu yang menutupi sampai atas mata kaki, dan hindari menggunakan sandal.

5. Disarankan menggunakan safety gear berwarna cerah. Ini akan mudah terlihat oleh pengendara lain atau pengguna jalan lainnya sehingga membuat rider lebih aman.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami