Begini Cara Gunakan GPS yang Benar saat Berkendara

Penolakan Mahkamah Konstitusi terhadap gugatan pasal 106 (1) dirasa sudah tepat oleh Association (RSA). Hal ini tentu sangat beralasan karena terkait keselamatan berkendara.

Senin, 11 Februari 2019 19:15
Ilustrasi penggunaan GPS di mobil (Pixabay)
Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Penolakan Mahkamah Konstitusi terhadap gugatan pasal 106 (1) dirasa sudah tepat oleh Association (RSA). Hal ini tentu sangat beralasan karena terkait keselamatan berkendara.

Ada 3 aspek keselamatan berkendara yang harus tetap diperhatikan, yakni menaati aturan lalu lintas, memahami ketrampilan berkendara, dan beretika di jalan raya.

Dalam polemik GPS pada smartphone, RSA memperhatikan dua aspek yang menjadi bahan analisa. Pertama ialah mengakomodir arus teknologi informasi yang akan mempermudah pengendara, dan faktor keterampilan berkendara dengan tetap menghargai aturan lalu lintas.

"Seperti yang kita ketahui, bahwa instrumen berkendara ada beberapa hal antara lain, kemudi, persneling, pedal gas, dan spion. Masing-masing dari instrumen tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam hal ini, kami mencoba mengusulkan penggunaan GPS handphone diperlakukan seperti spion," kata Rio Octaviano sebagai anggota Badan Kehormatan RSA.

Spion biasa digunakan pengendara dengan cara melirik, bukan dengan melihat secara intens. Maka, dalam aturan berkendara dengan konsentrasi, menambah kegiatan berkendara dengan cara melirik GPS dinilai bisa dipertimbangkan.

Namun ada catatan yang tidak boleh dilakukan pengendara, seperti merubah rute, merubah pengaturan aplikasi dan menjalankan aplikasi lainnya saat melaju.

Hal ini secara lisan disetujui oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat berbincang dengan Rio Octaviano. Meski demikian, ia melarang kegiatan lain yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara.

"Bila saja pemerintah mau tetap melarang tanpa kompromi tentang penggunaan GPS pada handphone, maka, pemerintah wajib melarang mobil-mobil yang melengkapi fitur GPS, telpon, bahkan mirroring handphone yang bisa buat menonton," ujar Rio.

Polemik yang ada tentu harus segera dicarikan jalan keluarnya. Tentunya pemerintah harus bekerja cepat terkait penggunaan GPS saat berkendara.

Sumber: Liputan6.com

Baca Ini Juga Dong Otolovers

 

(kpl/ahm)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami