Bedakan Daya Kuda dan Torsi? ini Dia Penjelasannya

Supaya lebih paham bagaimana pengertian daya kuda dan torsi, nonton video berikut ini Gengs!

Sabtu, 11 Februari 2017 19:15
Foto Ilustrasi: Mustang
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Bagi para petrolheads rasanya cukup mudah untuk mendengar dan memahami apa itu daya kuda atau horsepower dan apa itu torsi torque. Dua fitur ini merupakan sumber bagi mobil, motor dan kendaraan lain untuk bisa berjalan dan dikendarai.

Sederhananya, daya kuda merupakan satuan ukur untuk bisa melihat seberapa jauh mobil atau motor bisa mencapai kecepatan maksimal. Di pengertian lain, daya kuda bisa diartikan sebagai ukuran tenaga yang bisa ditempuh dalam satuan waktu tertentu.

Di sisi lain, torsi berupakan gaya rotasi mesin yang kemudian dihantarkan menuju roda. Torsi datang dari eksplosifitas ruang mesin yang kemudian dimanfaatkan untuk mendorong as, transmisi, dan kemudian gardan untuk memutar roda dan menjalankan kendaraan.

Bisa dikatakan secara ilustratif, daya kuda merupakan tenaga yang membuat mobil jadi seperti seorang sprinter dan torsi merupakan satuan untuk membuat mobil jadi seperti binaraga. Sprinter bisa lari sejauh satuan meter tertentu, sementara binaraga bisa berlari sejauh satuan meter tertentu dengan daya dorongnya.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami