Beda Rp 8 Juta, Mending Toyota Veloz Q TSS atau Honda BR-V E CVT?

All New Toyota Veloz termahal Q TSS mempunyai banderolan lebih murah dibandingkan Honda BR-V E CVT. Apa saja bedanya?

Minggu, 12 Desember 2021 10:15
Beda Rp 8 Juta, Mending Toyota Veloz Q TSS atau Honda BR-V E CVT? Honda BR-V E CVT dan Toyota Veloz Q TSS di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini meluncurkan dua produk terbaru di segmen yang sama. Pertama adalah All New Honda BR-V dan diikuti oleh All New Toyota Veloz .

Kedua mobil itu mengusung bodi beraura SUV dan merupakan generasi terbaru dari model sebelumnya.

Honda BR-V dan Toyota Veloz terbaru mendapatkan rombakan besar dari segi eksterior hingga fitur-fitur yang disematkan. Bahkan LMPV berlogo Toyota itu kini menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Selain itu harga kedua mobil ini cukup berdekatan. Contohnya adalah Toyota Veloz tipe termahal Q TSS dan Honda BR-V model E CVT. Dua varian tersebut memiliki selisih harga Rp 8 juta.

Dengan harga yang tidak terlalu berjauhan, mana yang layak dipinang?

1 dari 6 Halaman

Eksterior

Honda BR-V E CVT di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Secara eksterior Toyota Veloz dan Honda BR-V mengusung styling mengarah SUV. Yang membedakan, Veloz tidak dikategorikan sebagai LSUV seperti BR-V. TAM masih memposisikan mobil tersebut sebagai LMPV.

Kendati demikian Toyota Veloz diberikan tampilan bongsor dan mewah dengan beberapa fitur menarik, seperti seluruh pencahayaan sudah LED, lampu sein depan sequential, spion lipat otomatis, serta pelek 17 inci two tone.

Sementara  Honda BR-V nampak tidak sekomplet Veloz. Meski lampu depan dan belakang sudah LED, lampu sein masih menggunakan bohlam biasa. Sementara pelek mobil itu berukuran 16 inci dan berwarna single tone serta spion belum terlipat secara otomatis saat mobil dikunci.

2 dari 6 Halaman

Interior

Interior Honda BR-V dan Toyota Veloz (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Lanjut ke bagian interior di mana Veloz lagi-lagi lebih lengkap dalam segi fitur dan desain. Veloz diberikan interior dengan kombinasi warna hitam dan putih, membuat interior mobil itu lebih enak dipandang.

Sementara dari segi fitur, mobil tersebut sudah dilengkapi banyak peranti kenyamanan, seperti AC digital otomatis, speedometer full digital, wireless charging, panel-panel soft touch, layar flip untuk baris kedua, armrest belakang, setir teleskopik, kursi dengan mode "sofa" dan masih banyak lagi.

3 dari 6 Halaman

Sedangkan interior Honda BR-V model ini bisa dikatakan belum bisa menyaingi Veloz dengan harga beda tipis. Sebagai contoh, mobil tersebut minim dengan panel-panel empuk. Bahkan di panel pintu SUV itu dipenuhi plastik keras.

Pada interior BR-V E CVT, jok masih berlapis kain, AC belum otomatis, tidak tersedia armrest untuk baris kedua, dan masih menggunakan rem parkir manual. Ini menjadikan BR-V sebagai salah satu mobil tanpa rem parkir elektrik dengan rentang harga mendekati Rp 300 juta.

4 dari 6 Halaman

Keselamatan dan performa

Ilustrasi test drive All New Toyota Veloz di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Lantaran Toyota Veloz ini tipe termahal Q TSS, LMPV satu ini sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS). Peanti canggih ini diklaim dapat meminimalisir risiko  kecelakaan dengan penggunaan teknologi Pre-Collision Mitigation System (CMS), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keep Assist (LKA), 6 airbags, dan sebagainya.

Bahkan rem belakang All New Toyota Veloz Q TSS sudah menggunakan rem cakram, membuat pengemudi lebih percaya diri ketika me3ngurangi atau menghentikan laju kendaraan.

5 dari 6 Halaman

Sedangkan sistem keselamatan Honda BR-V E CVT tergolong standar. SUV itu sudah dilengkapi ABS, EBD dan Vehicle Stability Control (VSC) dan 4 airbags. Lawan TSS, Honda Sensing, baru tersedia pada model tertinggi Prestige dengan banderol lebih mahal.

Nampaknya Honda BR-V belum bisa menyaingi Toyota Veloz dari sisi kelengkapan fitur kenyamanan dan keselamatan. Namun dari sisi performa unggul. Honda memasangkan mesin 1.500cc DOHC dengan semburan tenaga 121 PS dengan torsi 145 Nm.

6 dari 6 Halaman

Di sisi lain, All New Veloz dibekali mesin dengan kapasitas sama. Hanya saja tenaga lebih loyo, yakni cuma 106 PS dan torsi 141 Nm. Kedua mobil ini menyalurkan seluruh tenaga mesin ke roda depan melalui transmisi CVT.

Untuk harga, Toyota Veloz Q TSS dibanderol Rp 291,5 juta, sedangkan Honda BR-V E CVT dipatok Rp 299,9 juta. Dengan perbedan harga Rp 8 juta lebih, mending pilih yang mana?

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami