Becak Listrik Akan Beroperasi di Jakarta?

Rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk menghidupkan kembali transportasi becak nampaknya makin nyata. Gagasan ini memicu Ahmad Hanafi Rais untuk menciptakan becak listrik.

Minggu, 11 Maret 2018 16:12
Foto : Hanafi Rais gowes becak. ©2018 Merdeka.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk menghidupkan kembali transportasi becak nampaknya makin nyata. Meskipun sempat mendapat penolakan, Anies tetap bersikukuh untuk melestarikan kendaraan beroda tiga tersebut.

Gagasan pasangan Sandiaga Uno ini nampaknya menarik perhatian Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Hanafi Rais. Ia berniat mengenalkan becak listrik yang merupakan produk dalam negeri.

Dilansir dari Merdeka.com, Wakil Ketua Komisi I DPR itu memamerkan becak bertenaga dinamo ini pada warga Jakarta hari ini (11/3). Setelah itu, putra mantan ketua MPR, Amien Rais, ini mengayuh becaknya sampai ke Balai KOta DKI. Di sana, ia menunjukkannya kepada Anies Baswedan.

Berdasarkan sumber yang sama, becak ini didominasi oleh warna biru. Hanafi menjelaskan bahwa becak listrik tersebut memiliki kecepatan mencapai 25 kpj. Selain itu, jarak tempuhnya bisa sejauh 40 km.

Ia juga menyatakan bahwa becak itu adalah persembahannya darinya sebagai warga DKI kepada pemerintah provinsi. Hal itu dilakukannya sebagai bentuk dukungan untuk kembali menghidupkan becak di Jakarta.

"Ini adalah sumbangan saya sebagai warga kepada Pemprov, karena sebagai warga saya mendukung upaya Gubernur DKI Jakarta dalam menghidupkan lagi becak di Ibu Kota. Waktu isi dinamonya itu sampai tiga jam, dengan jarak tempuh 40 kilometer," ujarnya.

Mengusung tag line "Ramah Lingkungan, Bahagia Warganya", kendaraan roda tiga ini menggunakan mesin tanpa bahan bakar minyak. Tenaga becak tersebut dihasilkan oleh dinamo jenis hub 1000W 48v. Daya angkutnya mencapai 250 kg.

Pengisian ulang dayanya membutuhkan waktu3 jam. Untuk menahan lajunya, becak ini juga dilengkapi dengan rem cakram hidrolik. Selain itu, juga tersemat klakson dan lampu, serta kunci starter.

 

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami