Beberapa Perubahan Diterapkan untuk Performa Ban yang Lebih Senyap

Bising ban dan suara saat benturan dengan medan jalan merupakan dua hal kecil yang jika terjadi setiap hari maka akan mengganggu. Namun, hal tersebut bisa diminimalisasi dengan pengaturan desain tapak dan komposisi bahan baku yang digunakan.

Jum'at, 18 Mei 2018 08:45
Foto: Istimewa
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Bising ban dan suara saat benturan dengan medan jalan merupakan dua hal kecil yang jika terjadi setiap hari maka akan mengganggu. Namun, hal tersebut bisa diminimalisasi dengan pengaturan desain tapak dan komposisi bahan baku yang digunakan.

Hal tersebut pun diwujudkan PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) dengan tipe baru ban Turanza mereka, yang sebelumnya berkode T005, dan kini mendapat satu kode baru "A" menjadi T005A.

"Ini untuk menjawab harapan para pemilik mobil di Indonesia yang menginginkan kenyamaman berkendara terbaik," kata Yuichi Asaoka, Sales & Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia.

Sebagai gambaran, pada tipe T005, pola antara blok tepian satu sisi dengan sisi yang lainnya sealur supaya optimal dalam mendistribusikan tekanan. Efeknya antara lain adalah meningkatkan resistensi terhadap deformasi dan pengereman yang lebih mantap.

Foto: Istimewa

Lalu, slot volume air di bagian blok tersebut juga cukup besar untuk mengalirkan air yang terpijak. Namun pada T005A, polanya terlihat berubah.

Dikembangkan dari teknologi kompon Nano Pro-Tech untuk memperkuat ikatan antara silika dan polimer supaya meningkatkan area kontak, ban T005A disebut menghasilkan pengurangan panas dan mengurangi kehilangan energi, termasuk saat jalan basah, begitu juga saat pengereman.

Seperti juga pada T005, potongan pada pola telapak ban (chamfering) pada T005A mencegah terjadinya deformasi dan memastikan kontak dengan permukaan jalan yang rata supaya maksimal dalam hal performa pengereman.

Untuk memastikan hal itu, Bridgestone Indonesia pun mengundang ratusan anggota komunitas mobil. Lebih dari 200 orang anggota dari 15 komunitas mobil yang berasal dari wilayah Jabodetabek turut dalam uji coba yang berlangsung di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat.

"Dengan adanya para anggota komunitas mobil untuk mencoba langsung kemampuan ban ini, kami harap mereka kemudian dapat menceritakan kembali pengalaman saat mencoba ban ini kepada masyarakat luas," tambah dia.

Soal ukuran, Bridgestone Turanza T005A tersedia dalam 26 pilihan. Ukurannya mulai dari 185/60 R14 sampai 235/50 R18. 

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/why/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami