Beberapa Hal Ini Terjadi Saat Melakukan Pengereman, Segera Cek Rem Kamu

Efektifitas kinerja rem juga ditentukan oleh kondisi kampas dan piringan jika menggunakan cakram atau drum apabila masih menganut sistem tromol. Maka kenali tanda-tanda rem bermasalah.

Rabu, 28 Februari 2018 17:20
Ilustrasi : santoscycles.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu fitur keselamatan berkendara ialah rem. Pasalnya, part ini berfungsi menahan laju kendaraan bermotor. Tanpa adanya rem, bisa dipastikan bahwa kendaraan akan susah untuk dikendalikan.

Efektifitas kinerja rem juga ditentukan oleh kondisi kampas dan piringan jika menggunakan cakram atau drum apabila masih menganut sistem tromol. Karena fungsinya yang vital, perlu dilakukan pemeriksaan dan penggantian pada part ini.

Jika muncul 3 ciri-ciri ini, tandanya rem kendaraan kamu bermasalah :

1. Rem bergetar

Ciri pertama yang bisa dirasakan adalah rem yang bergetar saat digunakan. Getaran ini muncul lantaran kampas rem sudah habis sehingga mengikis cakram.

2. Muncul bunyi

Ciri lain yang bisa diamati adalah muncul suara decitan atau pun gesekan besi saat menahan laju kendaraan. Kampas rem yang habis hanya menyisakan besi sehingga saat digunakan akan mengeluarkan bunyi gesekan.

3. Kedalaman rem

Tanda terakhir yang menjadi indikator bahwa rem telah habis ialah kedalamannya. Kedalaman yang mdimaksud ialah kondisi saat menginjak atau pun menarik tuas rem. Jika injakan atau tarikan sudah sangat dalam, artinya kamu harus segera mengganti kampas rem atau part lainnya.

TIPS BERGUNA LAINNYA, GENGS!

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami