BBN-KB 12,5 Persen, Harga Mitsubishi Xpander Cross Ikut Naik?

Kenaikan tarif BBN-KB di DKI Jakarta menjadi 12,5 persen, tentu berpengaruh terhadap harga-harga kendaraan. Termasuk harga Mitsubishi Xpander Cross.

Rabu, 13 November 2019 22:15
BBN-KB 12,5 Persen, Harga Mitsubishi Xpander Cross Ikut Naik? Mitsubishi Xpander Cross (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Waktu kenaikan tarif BBN-KB dan peluncuran Mitsubishi Xpander Cross hampir berbarengan. Tak bisa dipungkiri kenaikan BBN-KB akan berpengaruh untuk harga-harga kendaraan di DKI Jakarta. Termasuk Mitsubishi Xpander Cross.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) DKI Jakarta bakal resmi naik, dari 10 persen menjadi 12,5 persen, mulai 11 Desember 2019. Berdasarkan salinan Peraturan Daerah (Perda) Pemprov DKI Nomor 6 Tahun 2019 mengenai Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang BBN-KB, penyesuaian ini untuk mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor dan mengatasi kemacetan lalu lintas.

"Kalau Botabek (Bogor, Tangerang, Bekasi) kan sudah 12,5 persen. Harga ini (Xpander Cross) sudah diperhitungkan dengan 12,5 persen. Tapi gini, harga sampai Desember, karena biasanya ada adjustment harga baik karena kenaikan BBN dan lainnya," jelas Imam Choeru Cahya selaku Executive General Manager Sales & Marketing Division PT MMKSI, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

1 dari 2 Halaman

Pengaruh ke Penjualan

Pengaruh ke Penjualan

Namun, untuk besaran kenaikan harga pasca resminya tarif BBN-KB yang baru, pria ramah ini belum bisa memberikan informasi dengan detail. Tapi yang pasti, kenaikan sesuai dengan tarif baru, yaitu sekitar 2,5 persen.

"Untuk varian lain, karena NJKB beda-beda pasti kenaikannya juga beda. Tapi, tidak terlalu signifikan untuk BBN," tegasnya.

Sementara itu, dengan kenaikan BBN-KB ini, sepertinya tidak akan memengaruhi penjualan secara signifikan. Pasalnya, sosialisasi terkait kenaikan BBN-KB ini sudah cukup lama dilakukan pemerintah, dan bahkan wilayah Botabek sudah 12,5 persen.

"Efeknya tidak terlalu signifikan, karena kenaikan harga tidak besar, dan konsumen sudah mengerti karena peraturan pemerintah," pungkasnya.

2 dari 2 Halaman

Harga Mitsbishi Xpander Cross

Harga Mitsbishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dalam 3 varian, yaitu Leather Seat Premium Package A/T, A/T, dan M/T dengan pilihan warna Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic. Berikut rincian varian dan harganya:

1. Leather Seat Premium Package A/T Rp 286.700.000

2. A/T Rp 277.700.000

3. M/T Rp 267.700.000

Harga di atas berstatus on the road Jakarta.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami