BBM Belum Naik karena Masyarakat Kurang Percaya Pemerintah

Wacana mengenai kenaikan harga BBM yang dampaknya disebut sudah terasa pada penjualan kendaraan bermotor hingga kini belum jelas. Pemerintah belum kunjung menaikkan harga BBM karena sejumlah hal.

Kamis, 10 Januari 2013 19:25
Ilustrasi (Foto: Wahyu)
Editor : Anton

Otosia.com - Wacana mengenai kenaikan harga BBM yang dampaknya disebut sudah terasa pada penjualan kendaraan bermotor hingga kini belum jelas. Pemerintah belum kunjung menaikkan harga BBM karena sejumlah hal.

Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa, dalam Danareksa Outlook 2013: Its Time For Indonesia di Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta menyebut sejumlah alasan.

"Salah satunya karena berdasarkan indeks kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, ini masih rendah. Andaikata (harga BBM) dinaikkan, maka akan berbahaya," ungkap Purbaya yang juga menyebut bahwa alasan lain terkait dengan persoalan politik.

Wacana kenaikan harga BBM sebelumnya diprediksi akan mengganggu penjualan kendaraan bermotor pada 2013. Sejumlah produsen sudah memprediksi hal ini dan menduga bahwa penjualan di tahun mendatang tidak meningkat atau tidak akan jauh dari pencapaian tahun ini yang diprediksi lebih dari 1 juta unit.

Selain wacana kenaikan harga BBM, seperti diberitakan regulator dalam hal ini pemerintah berencana menaikkan batasan minimal uang muka pembiayaan Syariah. Sebelumnya sistem kredit pembelian kendaraan bermotor non-Syariah sudah naik menjadi 30 persen.

Hal ini pun membuat konsumen berpindah ke Syariah. Namun kini, sistem di Syariah disetarakan. Pimpinan Bapepam-LK mengatakan bahwa aturan uang muka Syariah diterbitkan agar menciptakan persaingan yang setara serta tidak ada celah kebijakan.

(kpl/why/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami